Lihat ke Halaman Asli

Melirik Angkutan Kota (Angkot) Padang dan Surabaya

Diperbarui: 24 Juni 2015   10:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13730052801572680453

Selepas solat jum'at di Surabaya,

"Alhamdulillah"..., kata itu yang terucap setelah sampai di Bandara Juanda Surabaya dari Bandara Internasional Minangkabau Padang setelah menempuh perjalanan selama 5jam 20menit. Ini kali pertama saya ke Surabaya, yaitu tgl 15 Mei 2013. Berarti dihitung sampai sekarang, lama saya berada di Surabaya kurang lebih 2bulan.

Awal berada di Surabaya terasa berbeda dengan Padang, perbedaan itu hampir diberbagai aspek dan lini. Wajar saja, Padang dengan budaya Minang nan Elok Sedangkan Surabaya dengan budaya Jawa sing alus. Salah satu perbedaan yang membuat saya sedikit berfikir adalah tentang angkutan kota (angkot). Baiklah, ada beberapa ulasan perbedaan angkot Padang dengan angkot Surabaya menurut saya:

Segi Desain

Kebanyakan angkot dimanapun hampir sama, tetapi sedikit ada polesan-polesan sehingga terkesan lebih keren. Angkot Padang biasanya banyak terdapat aksesories baik interior atau eksterior.

Sumber1

Gambar Sumber1 itu gambaran contoh untuk angkot Padang. Full sound sistem, alhasil penumpang pun ikut berjoged ria bahkan menikmati. Ada juga yang tidak nyaman kalo lagu tidak sesuai dengan genre si penumpang atau lagu terlalu keras. Biasanya, lagu-lagu yang diputar selalu uptodate, mulai dari POP, Dangdut, West Music, dll. Meskipun seluruh angkot di Padang tidak seperti pada gambar, tetapi hampir sebagian besar rancangannya seperti ini. Warga Kota Padang, pada umumnya jika berpergian selalu memilih-milih angkot. Meskipun angkot yang lewat itu kosong, tidak serta merta langsung naik. Warga Padang lebih suka angkot yang mempunyai desain yang bagus, maka dari itu kebanyakan angkot didesain dengan apik.

Sedangkan untuk angkot Surabaya, tampilan apa adanya. Terkesan hanya untuk mencari uang semata dan tidak banyak perawatan. Saya sulit mendapatkan foto desain interior dari angkot Surabaya, karena pada saat naik angkot lupa untuk foto.

1373005928197186599

Sumber2

Dari tampilan ekterior, lumayan keren, bahkan ada yang lebih keren dari ini. Saya waktu tinggal di Padang, tetangga punya angkot, dan setiap sore selalu dicuci. Kemudian saya bertanya, "bang kok tiap sore di cuci?" dan jawabannya "kalo gak bersih, nanti orang gak mau naik!!". Artinya angkot Padang menjaga kebersihan, tetapi tidak sedikit juga angkot yang tetap kotor.

1373006174939525197

Sumber3
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline