Lihat ke Halaman Asli

Bakti Bestin

Mahasiswa

Galeri Salapak sebagai Tempat Mempromosikan Pelaku UMKM Kota Bandung

Diperbarui: 20 Oktober 2023   11:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Galeri Salapak (Sumber : https://www.bandung.go.id/) 

Oleh : BAKTI BESTIN

Dinas UMKM Kota Bandung memiliki Misi untuk membantu masyarakat dalam bidang usahanya dan membangun usaha masyarakat, serta usaha mikro dan menengah yang bekerja sama dengan masyarakat sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pelayanan juga harus dilaksanakan sesuai dengan prinsip pelayanan yang baik, karena salah satu indikator keberhasilan pelayanan UMKM di kota Bandung adalah kepuasan masyarakat. Berdasarkan hasil interview dengan Kepala Seksi Promosi dan Pemasaran Usaha Mikro dan Fasilitas Usaha Kecil Menengah pada Dinas Koperasi yaitu Dedy Kurniawan, S.H. Jumlah UMKM di kota Bandung terlalu besar untuk dapat dijangkau oleh pemerintah kota. promosi yang dilakukan oleh Para Pelaku UMKM di kota Bandung masih dilakukan secara eksklusif melalui komunikasi dari mulut ke mulut atau melalui kegiatan pameran Hal ini mengakibatkan banyaknya masyarakat sekitar maupun pendatang baru tidak mengetahui produk produk UMKM yang berada di kota bandung.

Untuk meningkatkan pemasaran produk usaha mikro, kecil dan menengah di Kota Bandung, Pemerintah Kota Bandung membuka galeri Salapak UMKM. Salapak ini dikelola oleh koperasi yang didukung oleh Pelayanan KUKM yaitu koperasi Simaung, koperasi mandiri pertama di Bandung sehingga juga terdapat simpan pinjam. Dari hasil wawancara dengan Dedy Kurniawan, S.H. Kepala seksi Promosi dan Pemasaran Usaha Mikro dan Fasilitasi Usaha Kecil Menengah pada dinas Koperasi ,Usaha Mikro Kecil dan Menengah, mengungkapkan bahwa UMKM yang di kelola oleh Galeri SALAPAK, merupakan kategori fashion, kuliner serta carft.

Saat ini Galeri Salapak memasarkan produk UMKM melalui media sosial sebagai Upaya memperkenalkan produk UMKM yang lebih luas melalui internet, serta membantu usaha kecil dan menengah (UMKM) memperoleh pangsa pasar yang lebih besar. Selain mengenalkan melalui media sosial galeri Salapak memberikan event event pameran untuk memamerkan barang dan jasa UMKM, meningkatkan visibilitas mereka di antara pelanggan potensial. Oleh karena itu Galeri Salapak dapat menjadi tempat untuk membangun jaringan bisnis dan kemitraan. Selain itu, mereka dapat menawarkan peluang untuk bertemu dengan pemilik UMKM lainnya atau pelaku industri yang terkait, dan dapat meningkatkan peluang bisnis para pelaku UMKM Kota Bandung.

Mahasiswa Program Studi Doctoral 

Pendidikan Seni Universitas Pendidikan Indonesia

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline