Lihat ke Halaman Asli

Bakrie

Happy is simple

Busa'e Sang Penakluk Tanah Liat di Desa Blu'uran

Diperbarui: 15 Juli 2022   12:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Seorang petani yang selalu sabar dalam menghadapi cobaan dalam bertani seperti gagal panen. yang dulu hanya menjadi kuli bangunan kemudian pergi merantau ke Malaysia selama 5 tahun. untuk bekerja, kemudian beliau kembali bertani dan menjadi kepala keluarga, ya nama beliau adalah Busa'e. Beliau mempunyai 6 anak. Beliau memiliki pandangan hidup yang penting sehat anak bisa sukses, karena motivasi itu lah ia selalu bekerja banting tulang untuk menghidupi keluarganya. 

Ia tamatan dari sekolah SD N 4 Karang Gayam, ia tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya karena faktor ekonomi, sehingga setelah lulus dari Sekolah, ia berinisiatif ntuk membantu orang tuanya bertani, sampai ia menikah dengan Amma. Ia membina rumah tangga yang harmonis dengan istrinya dan mempunyai 6 anak, diantaranya anak pertama, anak ke empat dan kelima yang tinggal di Jakarta, anak kedua dan ketiga tinggal di Madura. Anak ke enam tinggal di Tahunan dan sedang menempuh Studi Strata 1 di UNISNU Jepara. Semua anaknya dididik dan dibekali ilmu seadanya dari Busa'i. Ia mempunyai motivasi " Aku tamatan Sekolah Dasar tidak apa-apa, akan tetapi anakku jangan sampai ada yang sama sepertiku". Selalu menjadi cerminan bagi semua anaknya, menjadi orang yang sukses dan bermanfaat bagi semua orang.

Busa'i terus bekerja untuk masa depan anaknya, dan tidak mau membebani anaknya, ia pindah ke Sidoarjo bersama istrinya dan bekerja di Sidoarjo tepatnya di Puspa Agung, hanya bertahan kurang lebih 6 tahun, ia kembali ke Madura lagi untuk bertani di lahannya sendiri yang ditanami tembakau, sayur dan juga buah, ia di Madura tinggal bersama anak dan cucunya. 

Busa'e selalu berpesan kepada anak-anaknya "Jangan pernah tinggalkan kewajiban dan tanggung jawab yang ada, karena hidup dan mati tidak ada yang tahu, oleh karena itu selalulah tiiihbersyukur walaupun hidup penuh cobaan".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline