Lihat ke Halaman Asli

Benz_Hermawan

Tukang Jait

Geger Shin Tae Yong Ancam Mundur Demi Iwan Bule, Pilih #STYOut atau #STYSTAY

Diperbarui: 14 Oktober 2022   08:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok RRI

                                   

Babak apa lagi yang terjadi di dunia sepakbola tanah air. Belum usai tragedi Kanjuruhan yang hingga kini masih membekas. Kini publik dihadapkan aksi dukung mendukung melawan nyinyiran netizen.

Unggahan status pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong di media sosial menjadi awal penyebab. Mantan Pelatih Timnas Korea Selatan ini dengan tegas dan seolah pasang badan menolak Mochamad Iriawan lengser dari kursi ketua umum PSSI menyusul insiden Kanjuruhan.

Beberapa Netizen menilai sosok yang akrab disapa Iwan Bule ini menjadi salah satu orang yang harus bertanggung jawab atas tragedi yang terjadi awal bulan lalu itu.

Bak gayung bersambut apa yang ditulis Tae-Yong di instragram resminya memunculkan reaksi. Komentar Shin Tae-yong ini menimbulkan kehebohan, menohok hingga saling beradu. Gaung #STYOut vs #STYSTAY bersaing di media sosial.

Entah ini gertakan, drama atau apa, namun jika membaca berita yang berkembang, bagi juru taktik asal Korsel ini apa yang disampaikannya dengan mengancam mundur adalah prinsip. Shin Tae-yong mengaku siap mundur jika Iwan Bule cabut. Meski sekilas yang disampaikan tidak profesional karena ikutan mundur, namun dia punya alasan sendiri.

Bagi Tae-yong dalam suatu tim, semuanya menjadi kesatuan. Pelatih tanpa PSSI termasuk ketuanya bukan apa-apa dan begitu sebaliknya. Pun juga dari segi pemain, mereka bukan siapa-siapa jika tanpa adanya pelatih dan PSSI. Ya kalau diibaratkan kayak semboyan The Three Musketeers: Satu untuk Semua, Semua untuk Satu.

Sekarang kembali ke tagar #STYOut. Entah siapa yang menginisiasi, namun tagar itu justru semakin memancing suasana. Bisa saja apa yang digagas ini bentuk kekecewaan, bisa sebab akibat atau mungkin sama-sama menggertak. Namun apabila Tae-yong benar-benar mundur, kekhawatiran persepakbolaan tanah air kayak benang kusut bisa saja terjadi.

Ada anggapan jika coach Tae-yong benar-benar mundur. Maka Timnas Indonesia akan memasuki babak baru. Adaptasi yang sudah berjalan dan membuahkan hasil, bisa saja kembali berproses. Ibadat petugas SPBU mengisi bahan bakar BBM, kata-kata "Di mulai dari NOL" bisa menjadi mimpi buruk bagi pecinta sepakbola tanah air.

Pekerjaan Tae-Yong masih separuh jalan. Biarkanlah Tae-yong menempatkan dirinya pada posisinya. Jangan sampai kekecewaan akan hujatan dari Nitizen, justru membuat negara lain bernafas lega. STY "Ditendang", negara lain siap menerkam untuk memperebutkannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline