Lihat ke Halaman Asli

Benz_Hermawan

Tukang Jait

Kapan Pandemi Covid-19 Usai? Pengen Sekolah Tatap Muka

Diperbarui: 17 Juli 2021   21:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Pagi itu pukul 7.00 WIb, An Naura namanya sudah bersiap mandi. Ia berujar pada Ibu nya, "Ma aku sekolah ya.

Dari sejak Masa Pengenalan Sekolah,  ia tampak tergugah ketika melihat kakaknya yang harus pengenalan dengan guru dan teman-temannya melalui Zoom.

Selepas mandi ia memakai baju rapi, layaknya anak mau pergi sekolah ia juga tidak lupa memakai kaos kaki dibalut sepatu dan tas dipunggung.

"Berangkat sekolah dulu ya," kata Naura sambil cium pipi mama papanya.

Kalau melihat umur yang hampir menginjak 4 tahun September besok, sebenarnya bisa ia masuk sekolah PAUD. Karena pandemilah dan berbagai pertimbangan Naura belajar dirumah.

Orang tua mengakui, anak sesuai Naura perlu banyak interaksi dengan sekitar dan pengenalan, namun kembali Pandemi Covid menjadikan cukup dirumah saja.

Kembali ke Naura, karena niatnya sekolah. Ia juga memperagakan kursi dan meja yang harus diduduki. Waktu itu ia memilih duduk di kursi meja makan. Ia tidak lupa menaruh tas dan mengambil buku. Waktu dilihat orang tua bukan buku tulis, tapi buku Tilawatil untuk kakaknya ngaji.

Ya namanya anak kecil mungkin pikir Naura yang penting buku. Hehe..

Memang dilihat dari kesiapan untuk bersekolah pada setiap anak berbeda-beda. Apakah anak sudah matang secara fisik, kognitif, sosial, dan emosional untuk mengikuti kegiatan PAUD tersebut? Dapatkah ia berinteraksi dengan anak-anak lainnya? Jawabannya sih menurut orang tuanya siap.

Berbagai tahapan test juga telah dilakukan orang tuannya. Terkait kemandirian, Naura sudah berani mandi sendiri, sikat gigi sendiri, bahkan pakai baju sendiri, meski kadang-kadang kebalik..hehe.

Ia juga cepat berinteraksi dengan teman-teman sebayanya. Tidak jarang terdengar celetukan saling marah-marahan, wong memang anak-anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline