Lihat ke Halaman Asli

Bai Ruindra

TERVERIFIKASI

Guru Blogger

Cara Terbaik Hemat Data Internet

Diperbarui: 6 September 2017   15:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tak lepas dari ponsel - konfrontasi.com

Kebutuhan internet semakin meningkat. Dari waktu ke waktu internet telah menjadi makanan sehari-hari sehingga banyak pengguna smartphone kecanduannya. Kadang, pengguna naik pitam dan kesal bertubi-tubi karena paket data internet begitu cepat habis.

Paket data internet habis karena pemakaian yang terlalu dipaksakan dan karena pengaruh smartphone itu sendiri, dan juga penetrasi jaringan yang semakin baik. Jenis smartphone high end sangat mempengaruhi paket data internet di mana aplikasi bawaan juga meminum data cukup banyak. Penetrasi jaringan sampai 4G tampaknya solusi yang terbaik untuk menghirup paket data di mana makin kencang jaringan makin besar kuota yang dimakan.

Anda mungkin bingung bagaimana cara membuat paket data jadi lebih hemat. Padahal jika ditelusuri untuk menghemat paket data telah disadari oleh pengguna itu sendiri, misalnya menggunakan jaringan seperti XL yang lumayan bagus penetrasi jaringan dan tidak cepat habis paket data. Tetapi, lepas dari itu semua, Anda juga harus memiliki trik khusus agar paket data benar-benar hemat.

Pertama, pastikan jaringan data dimatikan saat Anda tidak sedang terhubung ke internet karena kesibukan tersendiri. Paket data yang terus nyala membuat aplikasi yang bekerja di latar belakang akan terus mengirimkan notifikasi. Saat mencari jaringan untuk notifikasi ini paket data Anda terus dimakan untuk mencapai jaringan terbaik.

Kedua, saat tidur sebaiknya paket data dimatikan, atau dinyalakan airplane atau bahkan ponsel pintar tersebut dimatikan saja. Dalam keadaan diam begini tentu Anda tidak terhubung dengan internet dan mematikannya adalah solusi terbaik.

Ketiga, hapus aplikasi yang memakan banyak kuota. Beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook atau Instagram atau BlackBerry Messenger merupakan aplikasi yang begitu cepat menguras kuota, menghapusnya adalah pilihan untuk Anda. Jika ingin terus terhubung bisa menggunakan versi Lite atau browser.

Keempat, atur pengaturan tidak putar otomatis video di Facebook, tidak download otomatis foto dan video di WhatsApp karena ini akan memakan kuota cukup banyak.

Kelima, download dulu film-film di Youtube yang bisa Anda tonton berulangkali pada waktu lain. Dengan mendownload Anda tidak diharuskan untuk menonton dalam kondisi online dan tidak pula menguras kuota Anda.

Keenam, hapus aplikasi pihak ketiga yang menyertakan iklan di dalamnya, seperti aplikasi selfie cantik di mana saat terhubung ke internet iklan berkeliaran dan memakan kuota Anda.

Ketujuh, pilihlah provider yang bersahabat seperti XL untuk mendapatkan perfoma yang baik bagi smartphone Anda.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline