Multimetode ! Apakah multimetode itu ?
Tentu kita pernah mendengar tentang apa yang disebut multimetode kan ?
Multimetode merupakan konsep pembelajaran dengan memberikan siswa kesempatan untuk terlibat secar aktif
Adapun metode, tentu multimedia juga diperlukan untuk menunjang proses belajar mengajar seorang guru
Multimetode disini sangatlah penting dalam proses mengajar seorang guru karna dengan adanya multimetode seperti : Metode Diskusi, Metode Pembelajaran Langsung, Metode Jigsaw, Metode Think Pair and Share, dan Metode Investigasi Kelompok guru akan lebih mudah meberikan materi kepada siswa dan siswa juga akan lebih aktif dalam proses pembelajaran di sekolah.
Disini Metode Pembelajaran Langsung itu seperti guru berusaha untuk mengetahui keterampilan-keterampilan dasar siswa misalnya dengan siswa-siwa mengulang pelajaran yang telah diberiakan oleh gurunya guna untuk menambah daya tahan ingat siswa tersebut dan selebihnya siswa-siswa melakukan latihan-lataiahn dengan bimbingan gurunya dan pada akhirnya siswa tersebut akan di tes sejauh mana keterampilan-keterampilan dan pengetahuan yang dimilikinya.
Metode Diskusi jugan banyak dilakukan seorang guru contohnya ketika pelajaran di mulai guru akan membacakan materi terlebih dahulu dan siswa-siswa dituntut untuk memperhatikan materi yang sedang di bacakan guru tersebut dan siswa-siswa harus bersiap-siap untuk dibagi menjadi beberapa kelompok unbtuk mendiskusikan mater-materi yang telah disiapkan sebelumnya oleh guru-guru dan siswa dituntut untuk bisa menjawab pertanyaan yang telah didiskusikan pada materi tersebut.
Metode Jigsaw disini metode jigsaw sama seperti metode diskusi tetpi disini metode jigsaw lwbih dituntut untuk bisa memberikan penjelasan kepada kelompok-kelompok lain tetapi setelah dirundingkan terlebih dahulu baru siswa-siswa tersebut mnulai proses penjelasan kepada kelompokn lain agar kelompok yang dijelaskjkan mengerti dengan materi yang dijelaskan kelompok tersebut seperti itu sebaliknya keompok nyang sedang dijelaskan juga harus menjelaskan materinya yang telah dibagikan seorang guru kepada kelompok tadi.
Metode Think, Pair, and Share disini guru menyampaikan materi dan menyiapkan peertanyaan selanjutnya siswa diuntu untuk berfikir masing-masing untuk memecahkan pertanyaan yang diberikan seorang guru lau siswa secra berpasang-pasangan saling menyampaikan hasil jawaban yang mereka buat dan menggabungkannya menjadi suatu kesimpulan lalu selanjutnya di bagikan kepada kelompok-kelompok lain dengan cara memprenstasikan di depan kelas.
Metode Investigasi Kelompok metode ini lebih menekankan pemikiran semua siswa yang telah di kelompokkan untuk membahas suatu materi yang telah ditentukan seorang guru dan siswa-siswa selanjutnya membhas materi pembahasan yang telah mereka selesaikan melaui kelompok-kelompok lalu apabila hasil dari pembahsan materi belum maksimal guru-guru memberikan suatu penguatan materi agar hasil materi yang di sampaikan bisa lkebih maximal
Dari metode-metode tadi tentu bisa kita lihat metode-metode tersebut mempunyai kesamaan dalam melakukan diskusi-diskusi kelas adapun disini peran metode juga harus di tambah dengan adanya multimedia atau alat abntu untuk guru agar lebih memudah kan guru menyampaikan pembelajaran kepada siswa contohnya seperti LCD yang untuk pada zaman ini tentu sangatlah penting untuk guru-guru emnjelaskan suatu materi dengan adanya alat bantu seperti LCD guru lebih mudah dan bisa menghemat waktu berbeda pada zaman dulu yang masih menggunakan papan tuli, kapur dll disini dengan LCD guru tidak akan susah lagi .Perkembangan tekhnologi seperti saat ini juga memberikan keuntungan kepada siswa sehingga siswa yang dulunya sangat sulit memperoleh informasi sekarang lebih mudah dengan cara mengakses internet , komputer juga berperan penting untuk pengajaran karna disini komputer bisa memberikan kemudahan untuk guru dalam menyampaikan materinya misalnya materi yang ada film-film yang memberikan siswa motivasi untu giat belajar jadi siswa tidaki akan merasa bosan apabila diberikan hal-hal semacam itu. disini selain guru menguasai metode-metode pengajaran guru juga harus bisa menguasai bagaimana cara menggunakan media-media seperti : Komputer,LCD, Internet dll.
Jadi disini siswa dan guru akan bisa mendapatkan keuntungan dengan adanya multimetode dan multimedia karna selain siswa bisa aktif tentunya guru bisa lebih rilex dalam proses mengajar karna siswa sudah terlibat dalam suatu kelompok yang mengharuskan siswa-siswa tersebut aktif dan multimedia juga akan mempermudah guru ataupun siswa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H