Lihat ke Halaman Asli

Baiq Ratih

Mahasiswa

Teori lev vygotsky dan teori piaget

Diperbarui: 18 Januari 2025   21:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

teori lev vygotsky dan teori piaget tentang perkembangan sosial dan kongnitif memiliki kesamaan dan perbedaan 

lev vygotsky berpendapat perkembangan kognitif anak terjadi melalui interaksi sosial. sedangkan piaget perkembangan kognitif anak terjadi secara individu. itulah perbedaan pendapat antara lev vygotsky dan piaget.

sedangkan kelamaan diantaranya: menekankan pentingnya interaksi sosial dalam proses pembelajaran dan memberikan wawasan berharga untuk pendidikan.

Dan teori lev vygotsky memiliki konsep dan fokus utamanya 

seperti ZPD atau Zona Proksimal Perkembangan yaitu ruang antara anak dan apa yang dapat di lakukan secara mandiri dan bantuan orang lain.

lalu ada Proses pemberian dukungan oleh orang dewasa dan teman sebaya untuk membantu anak menyelesaikan tugas yang sulit atau (Scaffolding) 

Lalu ada bahasa, bahasa adalah alat yang penting untuk berpikir dan belajar, bahasa mendukung perkembangan kognitif dan berfungsi sebagai sarana komunikasi serta pemecahan masalah.

itu adalah konsep utama dari lev vygotsky 

Dan Sekarang kita akan membahas fokus utama lev vygotsky 

yaitu ada .menekankan interaksi sosial sebagai faktor utama dalam perkembangan kognitif. dan anak belajar melalui interaksi dengan orang lain.

 Lalu sekarang kita akan membahas tentang konsep dan fokus piaget. menekankan perkembangan individu melalui eksplorasi dan interaksi anak dengan lingkungannya. dan ada juga perkembangan kongnitif dari baru lahir hingga berumur 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline