Lihat ke Halaman Asli

Baikuniyah

Mahasiswa

Efek Penggunaan Media Digital bagi Anak Usia Dini

Diperbarui: 5 Juli 2023   12:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jaman sekarang banyak sudah Masyarakat yang menggunakan media digital untuk berkomunikasi dengan jarak jauh,tidak hanya untuk berkomunikasi Masyarakat juga dapat menggunakan media tersebut untuk mencari referensi apa yang sedang dibutuhkan dan dengan mudahnya media akan langsung memberikan informasi apa yang kita butuhkan. Saat ini tidak hanya orang tua,dewasa yang memiliki media elektronik dan media digital, anak-anak pun sudah banyak menggunakan media tersebut. Tidak heran jika anak usia dini saat ini cenderung menggunakan gadget dan di dalam media elektronik tersebut banyak aplikasi yang mereka cari untuk kesenangannya.

Banyak juga dari mereka sebagai orang tua senang anaknya diberikan media elektronik tersebut karna dengan orang tua itu memberikan alatsitu , orang tua tidak usah repot-repot menghibur anaknya sendiri karna sudah dibantu dengan gadget/alat elektronik lainnya. Kita juga sudah paham dengan efek yang sangat tidak baik jika anak usia dini sudah kecanduan dengan permainan di media digital. Anak-anak pada usia dini harusnya lebih banyak bermain/ber senang-senang dengan orang tuanya bahkan keluarga nya. Efek yang tidak baik nya itu contohnya, anak tersebut tidak bisa ber interaksi dengan masyarakat/orang lain, anak tersebut juga tidak bisa meng eksplor dirinya agar menikmati masa anak-anak nya dengan baik,masih banyak lagi efek yang dapat mereka dapatkan dengan bermain media digital. Nah sebenarnya ada saja dampak negatif dan dampak positif bagi anak yang menggunakan media digital, Tetapi saat ini anak-anak cenderung dengan alat tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline