Lihat ke Halaman Asli

bahri sabil

Mahasiswa S1 PERBANKAN SYARIAH

Pentingnya Membela Negara Kita Sendiri

Diperbarui: 19 Oktober 2023   09:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

                                                                                          Pentingnya membela negara sendiri

 Setiap yang Namanya rakyat pasti memiliki yang Namanya negara nah tentunya setiap orang pasti menginginkan negara yang ditempatinya itu nyaman, damai, tentram, dan Sentosa oleh karena itu untuk mencapai suatu tujuan pasti ada yang Namanya sebuah Tindakan salah satunya adalah membela negara tercinta ini yaitu Indonesia oleh karena itu kali ini saya akan membahas banyak hal seperti pengertian bela negara, Sejarah awal mulanya dicetuskan/dikeluarkan bela negara, apa saja nilai-nilai nya,dll

1.Pengertian bela negara

 Apa sih bela negara itu? Bela negara adalah sebuah sikap dan perilaku akif dari setiap warga negara tersebut dalam membela dan mempertahankan negaranya dari berbagai ancaman dan tantangan yang dapat membahayakan kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa. Konsep sikap ini mencakup partisipasi dalam usaha mempertahankan negara, kesadaran akan pentingnya mematuhi hukum dan peraturan, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa.

Bela negara ini bukan hanya terkait dengan yang Namanya aspek militer dan pertahanan saja lho... akan tetapi juga mencakup aspek kehidupan sosial, ekonomi, dan politik, setiap warga negara diharapkan ataupun diwajibkan memiliki rasa cinta tanah air, kepedulian terhadap lingkungan, sikap disiplin, tangging jawab, dan kesadaran akan pentingnya berperan aktif dalam Pembangunan dan pertahanan negara, Dalam konteks Indonesia, Bela negara memiliki dasar hukum dalam undang-undang nomor 3 tahun 2002 tentang pertahanan Negara. Yaitu setiap warga negara, tanpa terkecuali, diharapkan memiliki kesadaran tersebut sebagai wujud dari tanggung jawab sebagai bagian dari kesatuan bangsa untuk menjaga dan mempertahankan eksistensi (keberadaan) serta integritas (gambaran Tindakan/perilaku sehari-hari) negara.

 2. Sejarah hari bela negara

 Pada tanggal 19 Desember 2022 diperingati sebagai hari bela negara yang ke-74 berarti adanya bela negara ini pertama kali di keluarkan pada tanggal 19 desember 1948, kenapa dikeluarkan keputusan ini? Yaitu adalah pada tanggal 19 desember 1948 peristiwa tebentuknya pemerintahan darurat republik Indonesia (PDRI) dalam rangka mengisi kekosongsn kepemimpinan pemerintahan negara kesatuan republic Indonesia (NKRI) dalam rangka pembelaan negara, dan kenapa dibuatnya pemerintahan darurat republic Indonesia (PDRI) dikarenakan pada tanggal itu 19 Desember 1948 terjadi peristiwa Agresi Militer II oleh belanda, kala itu Belanda melancarkan serangan ke ibu kota Indonesia yang kala itu berada di kota yogjakarta. Dalam rangka penyerangannya tersebut Belanda turut melakukan penangkapan terhadap tokoh-tokoh penting nasional yaitu: Presiden Ir. Soekarno, Wakil presiden Indonesia Drs. Mohammad Hatta, dan Perdana Menteri Mr Sutan Syahrir.

Peristiwa Agresi Militer II pada 19 desember 1948 oleh belanda tersebut menyebabkan ibu kota negara jatuh. Akibatnya pemerintah Indonesia kemudian membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Bukit tinggi Provinsi Sumatera Barat, kala itu prawinegara diberikan mandat (wewenang) oleh Soekarno untuk menjalankan pemerintahan dengan membentuk dan mendeklarasikan berdirinya PDRI di Bukit tinggi, Hal inilah yang menjadi sebuah tonggak Sejarah sangat penting bagi rakyat Indonesia dalam Upaya menjaga tetap tegaknya negara kesatuan republic indoneria (NKRI).

3,Nilai-nilai dasar bela Negara

terdapat banyak nilai-nilai bela negara namun saya hanya mengambil 4 nilai yang menurut saya paling penting yaitu:

a.) Cinta tanah air, yaitu merupakan perasaan atau rasa yang tumbuh dari hati yang paling dalam, tiap warga negara terhadap negara kesatuan republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Untuk menumbuhkan nilai-nilai rasa cinta tanah air perlu memahami Indonesia secara utuh, Dengan memahami keberadaan Indonesia seutuhnya, akan menumbuhkan nilai-nilai dasar bela negara. Hal ini dilatar belakangi oleh rasa bangga sebagai bangsa pejuang, rasa memiliki sebagai generasi penerus, dan rasa bertanggung jawab sebagai ungkapan rasa Syukur kepada tuhan yang maha esa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline