Lihat ke Halaman Asli

Faisol Bahri

TADRIS IPS IAIN JEMBER

Aliran Progresivisme

Diperbarui: 14 Mei 2020   22:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Assalamu'alaikum wr.wb

Bismillahirtohmanirrohiim

1. Aliran Progresivisme

Aliran Progresivisme murupakan aliran Filsafat sebagai sebuah teori pendidikan muncul sebagai bentuk reaksi terbatas terhadap pendidikan tradisional yang menekankan metode-metode formal pengajaran, belajar mental kejiwaan dan suasastra klasik peradaban barat.

Teori progresivisme bersifat dinamis dan temporal. Menurut progreaivisme nilai berkembang terus karena adanya pengalaman-pengalaman baru di antara individu dan nilai yang telah di simpan dalam kebudayaan. Progresivisme menganjurkan agar pendidikan diarahkan pada pembentukan pada anak didik yang responsive terhadap segala kemajuan ilmu pengetahuan. Dan dituntut untuk terus memgembangkan metodelogi pembelajarannya sehingga semakin cerdas.

2. pemikiran Tokoh Progresivisme

a. George extelle

Tokoh ini seorang humanis dan pragmatis dan percaya bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang terpenting dalam masyarakat sebagai fungsi sosial. Tokoh ini sangat mempertahankan humanis dengan suatu pemecahan pragmatis.

b. William O. Stanley

Tokoh ini berpendapat bahwa dalam menetukan sebuah nilai-nilai adalah dari dirinya sendiri atau seorang individu berperan penting dalam menentukan nilai-nilainya.

c. Ernest Bayley

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline