Lihat ke Halaman Asli

Urgensi Pendidikan Bagi Wanita Muslimah

Diperbarui: 2 Juli 2024   10:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُورِ الدُّنْيَا وَالدِّينِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الـمُرْسَلِينَ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَـعِينَ، أَمَّا بَعْدُ


Yang kami cintai dengan tulus teman-teman santri sekalian, baik santriwan maupun santriwati. Semua tanpa kecuali saya cintai. Meski kalian semua tidak merasa saya cintai. Tidaklah mengapa karena Rasulullah memang telah mencotohkan kepada kita untuk saling mencintai...

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan kita nikmat iman dan Islam, serta kesempatan untuk berkumpul di tempat yang penuh berkah ini. Semoga rahmat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membimbing umatnya dengan kebenaran dan kebijaksanaan.

Hadirin Yang di Rahmati Oleh Allah SWT

Pada Hari ini, saya bersyukur atas kesempatan untuk bisa berbicara tentang sebuah tema yang sangat penting dalam Islam: urgensi pendidikan bagi wanita Muslimah. Sebelum saya mulai, izinkan saya untuk memperkenalkan diri saya. [Bahjat Prananda Putra], dan saya sangat percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk mengubah dunia, dan hari ini kita akan fokus pada peran penting wanita Muslimah dalam proses ini.

Mari kita mulai dengan merenungkan firman Allah dalam Al-Qur'an, Surah At-Tahrim ayat 6

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ:

 "Hai orang-orang yang beriman, peliharal dirimu dan keluargamu dari api neraka." Dari ayat ini, kita dapat memahami bahwa pendidikan bukan hanya penting bagi diri sendiri, tetapi juga untuk keluarga. Wanita Muslimah memiliki peran besar dalam pembentukan keluarga yang berakhlak mulia, dan pendidikan adalah kunci untuk mewujudkannya.


Sebagai umat Islam, kita sering kali merujuk kepada ajaran Rasulullah SAW sebagai panduan hidup kita. Dalam hadis beliau, beliau bersabda: "Pendidikan itu wajib bagi setiap Muslim." 

Hadis ini tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan, menegaskan bahwa setiap individu, termasuk wanita Muslimah, memiliki kewajiban untuk mendapatkan pendidikan. Sebagai masyarakat yang beriman, kita harus memastikan bahwa pendidikan adalah hak bagi semua, tanpa memandang gender.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline