Lihat ke Halaman Asli

Bagus Susena

Mahasiswa

Lima Langkah Cuci Tangan yang Benar

Diperbarui: 1 September 2023   00:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto bersama, dok. pribadi

Cuci tangan merupakan salah satu langkah awal yang dapat dilakukan untuk menunjang kesehatan diri sendiri, keluarga serta masyarakat. Selain itu, cuci tangan juga merupakan salah satu cara untuk melatih motoric pada anak untuk membangun kebiasaan yang baik dikehidupan sehari-hari. 

Menurut World Health Organisation telah mengarahkan aturan bagaimana 5 langkah cuci tangan dengan baik dan benar yang dimana pemerintah telah melakukan sosialisasi yang bersasaran di lingkungan anak sekolah dan di desa bawahan seberang yang bertepatan di kabupaten banjar kecamatan mataraman tepat nya di TPA Nurul Ikhlas yang menjadi sasaran sebagai wadah pengabdian masyarakat dalam upaya sosialisasi 5 langkah cuci tangan dengan benar yang selain itu tidak sekedar hanya untuk menghindari penyakit maupun kebersihan semata. Maka dari itu, upaya preventif program ini bertujuan agar adik-adik lebih perduli dengan kebersihan dirinya agar menjadi kebiasaan yang baik di kehidupan sehari-hari dan melatih motorik nya. Kegiatan ini di lakukan pada hari senin, 8 agustus 2023 pada pukul 16.45 wita dengan memberikan demontrasi bersama bagaimana tata cara 5 langkah mencuci tangan dengan baik dan benar serta edukasi melalui pembagian poster. 

Selain mendapatkan arahan penjabaran serta ringkasan materi, diharapkan para anak-anak dapat menerapkan dan membudayakan  kebiasaan 5 langkah mencuci tangan dalam kehidupan sehari-hari dalam kehidupan sendiri dan orang lain di lingkungan nya. Secara keseluruhan kegiatan ini berlangsung lancar dengan respon baik dari orang tua.  

foto pembagian dorprize, dok. pribadi

foto penyampaian materi, dok. pribadi

foto praktek ulang materi, dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline