Assalamualaikum wr wb.
Hallo semua berikut adalah pengalaman saya yang akan saya ceritakan ketika melakukan tugas AIK1 PjBL (Project Based Learning). Sebelumnya akan sedikit aku kasih tahu apasih PjBL itu ?
Project Based Learning (PjBL) adalah salah satu metode pembelajaran yang mampu untuk mendorong menerapkan pengetahuan dan keterampilan. Dengan metode PjBL kami sebagai mahasiswa dapat mempraktikkan prosedur edukasi berdasarkan masalah dari kehidupan nyata. Juga dapat mengembangkan keterampilan, berpikir kritis kemudian mengaplikasikan pengetahuan untuk anak -- anak di Panti Asuhan Muhammadyah KH. AR. FAKHRUDDIN membuat sebuah project yang akan memecahkan masalah yang kamu edukasikan. Anak - anak dapat memperoleh pengalaman tak ternilai dengan melakukan dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan edukasi ini. Dibandingkan dengan hanya sekedar membaca informasi.
Di tugas PjBL ini ada beberapa tema yang di berikan oleh dosen saya, saya memilih tema tentang " Peduli Lingkungan " karena saya juga peduli terhadap sampah agar lingkungan tetap bersih. Saat edukasi di Panti Asuhan saya berkelompok bertiga dengan teman saya bernama Miko Andriansyah, Qudum Awang Dwi Cahyo, dan saya Bagus Tri Sasongko.
Sebelum melaksanakan tugas PjBL ini, kami mendiskusikan apa yang akan kami edukasikan ke anak -- anak Panti Asuhan Muhammadyah KH. AR. FAKHRUDDIN. Karena dari awal kami memilih tema "Peduli Lingkungan" jadi kami bertiga berinisiatif membuat materi tentang sampah, dengan 3 cara mengatasi sampah yaitu: Kurangi, Gunakan lagi, Daur Ulang.kami menjelaskan masing-masing cara tersebut dengan beberapa contoh cerita agar
anak-anak dapat memahami dan juga mendapat pengetahuan tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya.
Lalu materi yang kedua adalah tentang Cuci Tangan, kami sangat menjelaskan dengan benar-benar, karena bagi kami cuci tangan adalah hal sepele yang sebenarnya sangat berpengaruh terhadap kebersihan diri, karena kuman bisa dimana saja dan kapan saja bahkan penularan kuman bisa tertular melalui udara, air, dan benda disekitar kita yang kita pegang. Disini kita mengedukasi bahwa cuci tangan itu sangat penting harapan kami anak-anak jadi lebih mengerti, dan melaksanakan selalu ketika melakukan aktivitas seperti belajar, makan, minum, memasak, dll mereka melakukan cuci tangan dahulu.
Materi yang ketiga yaitu tentang Reboisasi, kenapa reboisasi? karena lingkungan juga meliputi makhluk hidup seperti manusia,hewan, dan tumbuhan. Kami mengedukasikan reboisasi juga tidak kalah pentingnya untuk banyaknya manfaat, kami menjelaskan beberapa manfaatnya beberapa anak-anak ada yang tahu dan paham bahwa tumbuhan mengeluarkan oksigen untuk bernafas, dari pernyataan anak-anak di panti tersebut kami bisa mengarahkan pentingnya reboisasi. Ketika saya tanya "manfaat menanam pohon apa lagi?" banyak yang mulai mengerti mulai dari " Hutan itu tempat tidur hewan" ada juga yang mengatakan "Saya suka sayur kangkung jadi saya ingin menanamnya". Dari sini kami merasa berhasil mengarahkan dan memberi pandangan edukasi terhadap reboisasi.
Setelah kami memberikan edukasi,kegiatan menggambar dan mewarnai. Kami memberikan kertas dengan gambar bertema "Kebersihan Lingkungan" dengan kegiatan ini harapan kami adalah :
1. Meningkatkan Kreativitas anak-anak.
2. Meningkatkan Pengetahuan dibidang menggambar dan mewarnai.
3. Membuat anak-anak berbagi dan tolong menolong, maksutnya adalah alat warna crayon nya karena terbatas jadi dalam beberapa anak saling berbagi dan bergantian crayon sehingga meningkatkan empati tolong menolong.
4. Membuat anak-anak lebih aktif untuk berinteraksi dengan temannya.
Kegiatan selanjutnya yaitu kami menampilkan Animasi bertema tentang penjelasan sampah, dan cara penanganan, serta juga animasi anak-anak yang memberantas sampah. Disini kami melihat anak-anak sangat fokus melihat animasi, kami rasa anak-anak memang sangat suka dengan animasi yang kami tampilkan mungkin ini jadi wawasan untuk mereka mengerti lebih dalam terhadap peduli lingkungan.