Lihat ke Halaman Asli

Ikut Lomba Mancing Dapat Ikan Berpita Pakai Umpan Pancing "Secret Strike"

Diperbarui: 14 Februari 2019   09:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo agan semua, adakah yang punya hobi mancing? Katanya, orang yang hobinya mancing itu orang yang sabar hahaha. Saya sendiri hobi mancing dar kecil karena sering diajak bapak saya mancing di rawa deket rumah.

Kebetulan om saya juga punya usaha kolam pemancingan yang udah dimulai sejak saya masih SD. Tadinya beliau cuma punya 1 kolam berukuran besar, tapi sekarang usahanya udah makin berkembang. Sekarang jumlah kolamnya ada 5, 3 kolam besar sama 2 kolam kecil.

Jenis ikan yang ada di pemancingan om saya ada ikan lele, gurame, mujair, sama ikan patin. Standar lah ya gan. Ongkos mancing di tempat om saya juga standar-standar aja kayak tempat pemancingan lainnya. Dan Alhamdulillah selalu rame tiap hari.

Tiap sebulan sekali pemancingan om saya ngadain lomba mancing kecil kecilan, biasanya di hari minggu ke-3. Jadi cara mainnya, nanti ada 3 ikan yang dikasih tanda pita hadiahnya. Misalnya ikan pertama dikasih pita warna putih-hadiah uang 150rb, ikan kedua dikasih tanda pita ungu-hadiah uang 100rb, dan ikan ketiga dikasih warna pita merah dengan hadiah uang 50rb.

Siapa yang bisa dapetin salah satu ikan itu ya dia bakal dapet hadiah sesuai dengan tandanya. Ikan lain yang didapet dari hasil mancing tapi gak ada tanda hadiahnya tetap bisa dibawa pulang GRATIS. Tapi buat yang gak berhasil dapetin ikan bertanda hadiah ya tetap harus bayar sejumlah ikan yang dia dapet. Sebelum ikut lomba ada uang pendaftaran dulu 1orb.

Bulan kemaren saya sama bapak saya mancing di pemancingan rawa yang jaraknya kurang lebih 10 menitan dari rumah kalo naik motor. Disana emang udah terkenal dan selalu rame juga. Kata bapak saya, beliau mau nyobain ramuan pancing yang baru dikasih sama temennya. Katanya sih ini ramuan ajaib yang bakal jadi favorit orang-orang yang hobi mancing. Jadi ini salah satu essen sebagai bahan seperti oil untuk dicampur dengan umpan racikan kaya pelet.

Campurin dah tuh essen ke umpan yang mau dipake. Eh ternyata bener aja gan, baru duduk sekitar 5 menitan udah ada 1 ikan mujair nyamber wkwkw gak nyangka saya :D Biasanya saya gak hoki kalo mancing. Otomatis saya sama bapak saya sama-sama dapet banyak ikan lah, lumayan buat makan besar bareng keluarga :D

Akhirnya dari sini saya pikir kalo mau ikut lomba mancing di tempat om saya bulan besoknya. Eh siapa tau lagi bejo bisa dapetin ikan berhadiah, hadiahnya lumayan bisa dipake buat tambah-tambah duit tahun baruan sama temen-temen hahaha.

Nyampe bulan Desember saya beneran ngikut lomba, mumpung lagi gak ada acara. Tapi kali ini bapak saya gak ikut. Jumlah peserta lomba dibatesin maksimal 20 orang aja. Jam 8 lebih dikit kuota peserta lomba udah penuh, akhirnya dimulailah lombanya.

Umpan yang saya bawa udah saya campurin sama essen itu di rumah. Alhamdulillah kejadian di pemancingan rawa kemaren terulang lagi gan! Wkwkwk. Satu ikan nyamber di 5 menitan pertama lagi (saya first blood gan :D). Gak lama kemudian bapak-bapak di seberang saya dapet ikan bertanda hadiah ke-3. Ikan 1 sama 2 belum kena, saya masih ngarep waktu itu :D

Lomba udah jalan kira-kira 3 jam. Ikan 1 sama 2 masih belum kena, tapi saya udah dapet 8 ikan. 3 mujair sama 5 lele. Mayaaan. Setelah nunggu lama akhirnya saya inisiatif mengoleskan essen ke umpan yang sebenernya udah dicampurin waktu bikin di rumah. Alhamdulillah... nyamber lagi 1 ikan yang ternyata ikan mujair bertanda hadiah ke 2 :D 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline