Lihat ke Halaman Asli

Bagus Rachmad

Penulis Lepas

Bantu Mahasiswa dan Alumni, Dosen UM Kembangkan Website Karier Ideal

Diperbarui: 3 Desember 2022   11:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Guna membantu mahasiswa untuk menemukan potensi diri dan juga orientasi karier setelah menyelesaikan masa studi.

Dosen Departemen Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang, Dr. Rochmawati, M.Pd mengembangkan website pengembangan karier bagi mahasiswa dan juga alumni.

Website yang diperuntukan membantu mahasiswa dan alumni tersebut diberi nama 'TEMBIKAR'. Nama website tembikar-ap.com tersebut diambil dari akronim Tempat Bina Karier (TEMBIKAR).

Rochmawati berharap nantinya website TEMBIKAR dapat menjadi sumber referensi yang dapat membantu mahasiswa maupun alumni menemukan karier yang tepat.

Dalam pengembangan website TEMBIKAR, mahasiswa dan alumni dapat mengakses menu-menu yang ada di website yakni: profil website, materi tentang karier, layanan bagi mahasiswa dan alumni, postingan yang berkaitan dengan pengembangan karier, serta kontak layanan.

Namun untuk dapat mengakses layanan yang disediakan di website TEMBIKAR. Mahasiswa dan alumni diperkenankan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.

Rochamawati mengaku pengembangan website TEMBIKAR bermula dari keresahannya terkait dengan prospek mahasiswa setelah lulus dan juga alumni Departemen Administrasi Pendidikan.

Setelah melakukan survei terhadap lulusan, dosen yang akrab disapa Rara itu menyebut lulusan dan juga kesesuaian antara bidang pekerjaan yang digeluti dengan disiplin ilmu yang ditempuh masih terjadi ketimpangan.

"Seiring dengan kita dituntut untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Salah satunya dengan pemenuhan nilai perguruan tinggi. Saya memiliki sense untuk mengembangkan sebenarnya setiap individu memiliki potensi yang beragam," tutur Rochmati dalam acara sosialisasi daring website TEMBIKAR, Rabu, 30 November 2022 lalu.

"Bagaimana kita sebagai individu menggali mengeksplorasi potensi kita sesua passion kita. Website ini sebagai salah satu wahana sebagai tempat bina karier teman-teman mahasiswa untuk memiliki kemampuan mengenali potensi diri," sambungnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline