Lihat ke Halaman Asli

Bagus Rachmad Saputra

Alumni Program Studi S2 Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang

Dosen UM Kembangkan Model Kepemimpinan Transformasional Digital Guna Bantu Sekolah Lakukan Akselerasi Pelayanan Literasi Digital

Diperbarui: 30 Oktober 2023   20:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pexels.com

Tantangan dihadapi oleh sekolah di era digital yang ditandai dengan disrupsi pemanfaatan teknologi informasi yang begitu masif. Distribusi arus informasi yang begitu cepat dan dengan mudahnya diakses menjadi permasalahan baru bagi sekolah untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik.

Kemampuan literasi menjadi kunci penting bagi peserta didik untuk memfilter informasi dari berbagai belahan penjuru dunia yang mudah diakses.

Melihat permasalahan tersebut dibutuhkan akselerasi pelayanan literasi digital sebagai upaya penguatan dan peningkatan kemampuan literasi peserta didik.

Pasalnya peningkatan kemampuan literasi jika hanya mengandalkan cara-cara konvensional dirasa masih kurang efektif. Mengingat saat ini peserta didik dengan mudah memiliki dan mengakses alat teknologi informasi yang canggih.

Hal itu didukung dengan situasi pandemi Covid-19 dimana aktivitas secara fisik ruang gerak masyarakat dibatasi dan digantikan dengan ruang digital melalui pemanfaatan alat teknologi.

Tentu peserta didik lebih banyak menghabiskan waktu bersinggungan dengan alat teknologi.

Sehingga pelayanan literasi digital dibutuhkan untuk memacu minat baca peserta didik tidak tereduksi oleh arus informasi yang masif di era digital dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi.

Melihat permasalahan yang begitu kompleks terkait dengan upaya peningkatan kemampuan literasi peserta didik di era digital.

Dosen Universitas Negeri Malang (UM) yang diketuai oleh Prof. Dr. Ali Imron, M.Pd, M.Si yang juga melibatkan akademisi lain yakni Prof. Dr. Primardiana Hermilia Wijayanti, M.Pd, dan Dr. Syamsul Hadi, M.Ed melakukan penelitian yang merumuskan model transformasional digital kepala sekolah untuk akselerasi pelayanan dan literasi digital di sekolah dasar.

Penelitian tersebut juga melibatkan peneliti asing, Prof. Dr. Madya Khalip bin Musa sebagai kolaborator asing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline