Lihat ke Halaman Asli

Pompa Ban Portable Elektrik

Diperbarui: 1 Juni 2018   23:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Latar Belakang Masalah

Kendaraan bermotor menjadi suatu hal yang sudah melekat pada kehidupan seseorang pada zaman sekarang. Kebutuhan akan kendaran menjadi kebutuhan primer bagi penduduk perkotaan bahkan hingga pedesaan. kendaraan bermotor tentunya akan lebih menghemat waktu terhadap tujuan yang ingin hendak di tuju dari pada menggunakan alat transportasi tradisional yang umumnya menggunakan tenaga hewan. 

Kendaraan seperti motor dan mobil menjadi laris terjual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Berbagai komponen yang ada dikendaraan menjadi hal yang penting. Hal tersebut dikarenakan perlunya perawatan komponen yang ada di kendaraan tersebut. Komponen-komponen seperti mesin, body, hingga ban menjadi hal yang penting dalam perawatan kendaraan.

Perawatan yang sering menjadi masalah di masyarakat adalah perawatan ban. Hal tersebut karena ban membutuhkan supply angin yang secara berkala harus selalu ditambah. Tanpa tekanan angina yang cukup, kendaraan tidak akan dapat digunakan secara maksimal dan bahkan dapat merusak dan mempercepat umur dari ban itu sendiri. 

Masyarakat pengguna kendaraan bermotor umumnya bergantung pada pengusaha tambal ban yang ada di pinggi jalan untuk mengisi ulang tekanan ban mereka. Jadi, setiap beberapa waktu mereka harus meluangkan waktu untuk pergi ke tempat tambal ban. Hal ini memakan waktu yang cukup banyak mengingat aktivitas masyarakat terutama masyarakat perkotaan yang sangat sibuk membuat pergi ke tukang tambal ban menjadi hal cukup merepotkan. 

Belakangan ini terdapat solusi kecil yang dapat membantu untuk meringkan hal tersebut. Solusi tersebut adalah pompa ban portable. Pompa ban portable adalah pompa ban yang digerakkan oleh tenaga manusia untuk mengisi tekanan angin di ban dengan memompa menggunakan tangan naik-turun hingga ban dalam tekanan angina yang cukup.

Hal ini menimbulkan masalah baru Karena tidak semua orang memiliki tenaga yang cukup untuk memompa ban dengan tangannya sendiri mengingat ban kendaraan bermotor membutuhkan tekanan angin yang cukup banyak dan tinggi. Banyak orang mengeluhkan kondisi ini namun mereka tidak memiliki pilihan selain pergi ke tukang tambal ban yang juga memakan waktu untuk pergi kesana.

Berangkat dari hal tersebut, maka penulis mencoba mengembangkan produk pompa ban portable elektrik. Pompa ban portable elektrik merupakan sebuah inovasi dalam bidang pompa ban yang mudah dibawa kemana-mana dan tidak memerlukan tenaga manusia untuk mengisi tekanan angina atau singkatnya menggunakan pompa tersebut. 

Jadi, pompa ban portable elektrik adalah sebuah inovasi produk yang memudahkan pengguna dalam menggunakaan produk karena tidak menggunakan tenaga manusia dan efisien waktu karena pengguna tidak perlu lagi untuk meluangkan waktu untuk pergi ke tukang tambal ban untuk mengisi tekanan angin. 

Produk ini cukup disambungkan ke listrik, kemudian pasangkan ke ban kendaraan, lalu secara otomatis akan mengisi angina dengan tekanan angina yang ditentukan oleh pengguna sehingga tidak akan membuat ban kelebihan atau kekurangan tekanan angin dan membuat kendaraan dapat digunaka secara makssimal.

BUSINESS MODEL CANVASS

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline