Lihat ke Halaman Asli

Nyoman Bagus Wichitakani

Mahasiswa Baperan

Bingung Anak Zaman Sekarang Bicara Apa? Yuk Bongkar Rahasianya, 10 Bahasa Gaul Zaman Sekarang!

Diperbarui: 3 November 2021   17:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Semakin hari pembicaraan anak-anak zaman sekarang sangat sulit dimengerti. dari kata-kata singkat yang memiliki arti hingga penempatan huruf pada kata kini mulai diubah-ubah. 

Para orang tua mungkin bingung dengan kata "Kuy!" yang sering dikatakan anak-anak zaman sekarang tapi kalian tahu tidak? "Kuy!" diambil dari kata "Yuk!" yang dimana penempatan hurufnya saja yang diubah. 

Para orang tua pernah dengar kata "Bucin"? kata ini sering digunakan anak-anak zaman sekarang yang memiliki arti Budak Cinta. Apa itu Budak Cinta? Budak Cinta atau Bucin diperuntukan bagi laki-laki atau perempuan yang dimana sedang tergila-gila dengan pasangannya. 

Si Bucin akan melakukan apapun untuk pasangannya yang dimana menurut orang lain hal itu tidak masuk akal. Maka dari itu orang tersebut akan di labeli Bucin oleh orang-orang sekitarnya. Ayo... para orangtua anaknya ada yang dibilang bucin tidak??

Sebelum kita masuk ke kata rahasia anak-anak zaman sekarang, kita harus lihat dulu kenapa bahasa-bahasa gaul ini dapat bermunculan disetiap generasi. Kata-kata gaul diatas disebut dengan "Slang". 

Apa itu Slang? Slang adalah bahasa gaul yang berisikan kata-kata yang biasanya digunakan secara informal. Kata-kata ini diperuntukan kepada teman-teman dekat yang dimana memahami arti dari setiap kata yang diucapkan. Slang tidak dapat digunakan pada situasi formal. Hal ini dikarenakan makna dari setiap kata memiliki arti berbeda bagi setiap generasi. Jadi diperhatikan ya lawan bicaranya. 

Mari kita mundur ke tahun 1960an hingga 1980an mungkin para orangtua memiliki bahasa gaul seperti : Bokek (Gapunya uang), DL (Derita Lo), dan Doi (kekasih atau pujaan hati) yang dimana kata-kata tersebut masih digunakan hingga saat kini. Tapi berjalannya waktu Generasi Z mulai bermunculan. Siapa sih Generasi Z? Generasi ini ialah orang-orang yang memiliki tahun kelahiran dari tahun 1990an hingga 2000an.

Munculnya Generasi Z tentu akan melahirkan bahasa-bahasa gaul baru juga. Seperti kata "Kuy!" dan "Bucin" yang diciptakan oleh para generasi ini. Generasi Z dapat sangat cepat melahirkan bahasa-bahasa gaul baru dikarenakan generasi ini sangat dekat dengan dunia teknologi sehingga penyebaran informasi pun juga lebih mudah.

Banyak  kata yang digunakan para generasi Z yang memiliki arti yang mungkin sulit untuk dipahami. Berikut saya simpulkan

10 Bahasa Gaul Zaman Sekarang :


KUY!

Memiliki arti "Yuk". yang dimana memiliki arti sama yaitu mengajak seseorang. Namun, penempatan hurufnya saja yang diubah.

BUCIN

Memiliki arti Budak Cinta. Bucin adalah seseorang yang tergila-gila dengan pasanganya yang rela melakukan apapun demi pasangannya. Yang dimana bagi orang lain hal tersebut cukup berlebihan.

FYI

Memiliki arti "For Your Information". Yang dimana memiliki arti informasi baru yang perlu kita ketahui.

SABI

Memiliki arti "Bisa". Yang dimana artinya sama namun penempatan huruf saja yang diubah.

BAPER

Bawa Perasaan adalah seseorang yang terlalu memasukan hati dari pembicaraan dengan lawan bicaranya. Konteks pengunaan bahasa BAPER ini biasanya digunakan dengan lawan jenis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline