Lihat ke Halaman Asli

Keputusan Merek dan Produk dalam Pemasaran Global

Diperbarui: 16 Juli 2022   18:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Produk merupakan dalam program pemasaran perusahaan. Pemasaran global menghadapi tantangan untuk merumuskan strategi produk dan merek yang koheren di seluruh dunia dasar. 

Sebuah produk dapat dipandang sebagai kumpulan atribut berwujud dan tidak berwujud itu secara kolektif memberikan keuntungan bagi pembeli atau pengguna. 

Sebuah merek adalah kumpulan gambar yang kompleks dan pengalaman dalam pikiran pelanggan. Di kebanyakan negara, merek lokal bersaing dengan internasional merek dan merek global. Produk lokal tersedia di satu negara, sebuah produk internasional tersedia di beberapa negara, produk global memenuhi keinginan dan kebutuhan pasar global. 

Sebuah merek global memiliki nama yang sama dan gambar dan posisi yang sama di sebagian besar bagian Dunia. 

Banyak perusahaan global memanfaatkan citra merek yang menguntungkan dan ekuitas merek yang tinggi dengan menggunakan kombinasi strategi branding, co - branding, dan perluasan merek Perusahaan dapat menciptakan merek yang kuat di semua pasar melalui kepemimpinan merek global. 

Untuk itulah diperlukan suatu strategi untuk menciptakan produk dan merk yang kuat guna mendukung kinerja pemasaran global supaya dapat kompetitif dalam persaingan.

  • Konsep produk dasar 

Produk adalah barang, jasa, atau ide dengan atribut berwujud (Tangible) dan tidak berwujud (Intangible) yang secara kolektif menciptakan nilai bagi pembeli atau pengguna. Atribut berwujud produk dapat dinilai dari segi fisik, seperti berat, dimensi, atau bahan yang digunakan.

1. Jenis Produk

Manurut (Kotler, Philip; Keller, 2020) produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dimiliki, dipakai atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Produk bisa dibedakan kedalam beberapa jenis, baik itu dalam bentuk wujud dan daya tahan produk tersebut, atau berdasarkan konsumen dan produk apa yang mampu dikonsumsi oleh konsumen. 

Produk elektronik sering kali merupakan pembelian dengan keterlibatan tinggi, dan banyak pembeli akan membandingkan beberapa merek sebelum mengambil keputusan. Produk juga dapat dikategorikan berdasarkan masa pakainya (tahan lama, tidak tahan lama, dan sekali pakai).

2. Garansi Produk

Garansi adalah surat keterangan dari suatu produk bahwa pihak produsen (pelaku usaha) menjamin produk tersebut bebas dari kerusakan dalam jangka waktu tertentu (Karimah, 2019). Garansi dapat menjadi elemen penting dari proposisi nilai produk. 

Garansi ekspres adalah jaminan tertulis yang meyakinkan pembeli bahwa dia mendapatkan apa yang telah dia bayar atau yang memberikan jalan lain jika kinerja produk tidak sesuai harapan. Dalam pemasaran global, garansi dapat digunakan sebagai alat kompetitif untuk memposisikan perusahaan secara positif.

3. Kemasan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline