Lihat ke Halaman Asli

Smarthome, Konsep Rumah Masa Depan Super Aman

Diperbarui: 1 Maret 2018   15:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, berbagai produk yang pada awalnya memiliki fungsi sederhana dapat berubah total menjadi suatu benda yang luar biasa.

Smartphone, misalnya. Tak lagi hanya sekadar alat komunikasi, telepon genggam pintar masa kini juga dapat memotret gambar beresolusi tinggi, main game mobile berkualitas mumpuni, dan masih banyak lagi.

Begitu juga dengan Smartwatch. Meski berbentuk jam tangan, perangkat ini juga dibekali kemampuan untuk menampilkan SMS, Messenger, dan bahkan telepon. Jika disatukan dengan smartphone, hampir segala fitur dasar telepon bisa kita akses atau gunakan hanya dari jam di pergelangan tangan.

Hebat, kan?

Tapi, bagaimana dengan Smarthome???

Smarthome sejatinya bukan hal baru, tetapi masih relevan jika disebut sebagai konsep rumah masa depan yang menawarkan berbagai keunggulan dari pada rumah biasanya. Syarat utama untuk menciptakan smarthome adalah harus tersedia berbagai perangkat canggih pendukung agar kepintaran si rumah bukan jadi isapan jempol belaka.

Perangkat apa sajakah itu?

Robot Vacuum Cleaner

Robot ini memiliki kemampuan membersihkan setiap sudut lantai rumah tanpa harus diawasi oleh manusia. Tak hanya menghisap debu, robot ini juga akan membersihkan bulu-bulu, serbuk makanan, atau kotoran kering lainnya yang tercecer di lantai rumah secara otomatis. Uniknya, robot segera pulang ke station charger untuk melakukan pengisian ulang daya. Praktis dan sangat menghemat waktu, terutama bagi kita yang setiap hari sudah kelelahan dan tidak sempat membersihkan rumah.

Smart Camera

Secara fungsi, alat ini mirip dengan CCTV. Hanya saja, smart camera didesain lebih dinamis dan futuristik untuk memenuhi kebutuhan para penghuni rumah masa kini. Diantaranya seperti resolusi gambar hingga Full HD, motion sensor (sensor pendeteksi gerak), infrared sensor, dan masih banyak lagi. Hal paling menarik adalah, kita juga bisa melakukan streaming gambar secara real time, di mana saja dan kapan saja, hanya melalui layar telpon genggam. Sangat keren dan inovatif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline