Strategic Decision Making dalam penerapannya digunakan untuk membuat pilihan strategis yang dirancang untuk kelangsungan bisnis jangka panjang. Proses ini mencakup delapan tahapan yaitu Evaluate current performance results, Review corporate governance, Scan and assess the external environment, Scan and assess the internal corporate environment, Analyze strategic (SWOT) factors, Generate evaluate and select the best alternative strategy, Implement selected strategies, Evaluate implemented strategies.
Dalam tulisan kali ini saya akan membuat contoh aplikasi dari Strategic Decision Making Process di bisnis Laundry sekaligus pengertian dari delapan tahapan strategic decision making process yang akan dijelaskan sebagai berikut,
1. Evaluate current performance results
Evaluate current performance results digunakan sebagai evaluasi terhadap kinerja usaha yang kita jalankan. Dalam Usaha bisnis Laundry ini kami sudah berjalan satu tahun, dalam satu tahun ini bisnis yang kami jalankan mengalami fase naik dan turun dalam hal pendapatan perbulan. Hal yang menjadi bahan evaluasi kinerja usaha kami adalah strategi bisnis yang kami terapkan ternyata belum efektik untuk menaikkan usaha kami.
2. Review corporate governance
Review corporate governance sebagai tinjauan dalam tata Kelola usaha yang dijalankan. Dalam bisnis Laundry ini saya sendiri dalam managerial dengan dibantu empat orang karyawan yang saling membantu dalam proses Laundry mulai dari pencucian, pengeringan, dan perapian pakaian konsumen. Hingga satu tahun berjalan ini saya merasa masih cukup dengan empat orang karyawan ini dan kemungkinan besar akan menambah karyawan lagi melihat situasi dan kondisi yang ada.
3. Scan and assess the external environment.
Digunakan untuk memindai dan menilai lingkungan eksternal yang berpengaruh dalam usaha atau bisnis. Dalam usaha Laundry kami sudah mengetahui banyak pesaing dalam bisnis ini dan untuk mengatasi hal itu kami juga meminta penilaian dari para konsumen yang datang terhadap pelayanan jasa yang sudah kami berikan sebagai bentuk evaluasi kami nantinya.
4. Scan and assess the internal corporate environment.
Scan and assess the internal corporate environment digunakan untuk Memindai dan menilai lingkungan internal perusahaan. Dalam usaha Laundry kami pastinya akan terus melakukan evaluasi terhadap kinerja para karyawan serta kekurangan alat operasional yang diperlukan. Strategi bisnis dan pemasaran juga akan menjadi bahan evaluasi dan akan menjadi diskusi internal tim.