Lihat ke Halaman Asli

Implementasi Layanan Responsif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar SIswa

Diperbarui: 15 Juni 2022   01:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Motivasi belajar siswa merupakan hal yang amat penting bagi pencapaian kinerja atau prestasi belajar siswa. Sudah menjadi tugas dan kewajiban seorang guru untuk senantiasa dapat meningkatkan motivasi belajar siswanya dengan mencari cara meningkatkan semangat belajar siswa, cara menumbuhkan semangat belajar yang menurun, serta cara meningkatkan motivasi belajar diri sendiri dan cara menumbuhkan motivasi belajar pada diri sendiri untuk dijelaskan kepada siswa.

Sebelum membahas apa saja cara dan strategi penggunaan layanan responsif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, yuk cari tau motivasi belajar itu apa sih ??

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Depdikbud, 1996:593) motivasi didefinisikan sebagai dorongan yang timbul pada diri seseorang sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Selain itu, motivasi sebagai proses batin atau proses psikologis yang terjadi pada diri seseorang sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal (lingkungan), dan faktor internal yang melekat pada setiap orang (pembawaan), tingkat pendidikan, pengalaman masa lalu, keinginan atau harapan masa depan.

Sedangkan belajar merupakan proses dasar dari perkembangan hidup manusia, dengan belajar manusia melakukan perubahan-perubahan kualitatif individu sehingga tingkah lakunya berkembang. Semua aktivitas dan prestasi hidup manusia tidak lain adalah hasil dari belajar, karena seseorang hidup dan bekerja menurut apa yang telah dipelajari.

Jadi dari kedua pengertian di atas dapat disimpulkan motivasi belajar adalah segala usaha di dalam dirinya sendiri yang menimbulkan kegiatan belajar untuk mendorong seseorang untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam suatu kegiatan belajar.

Dalam dunia pendidikan, terutama dalam kegiatan belajar, Motivasi memegang peranan yang amat penting dalam belajar, Guru sebagai seorang pendidik harus tahu apa yang diinginkan oleh para siswanya. Seperti kebutuhan untuk berprestasi, karena setiap siswa memiliki kebutuhan untuk berprestasi yang berbeda satu sama lainnya. 

Tidak sedikit siswa yang memiliki motivasi berprestasi yang rendah, mereka cenderung takut gagal dan tidak mau menanggung risiko dalam mencapai prestasi belajar yang tinggi. Meskipun banyak juga siswa yang memiliki motivasi untuk berprestasi yang tinggi. Siswa memiliki motivasi berprestasi tinggi kalau keinginan untuk sukses benar-benar berasal dari dalam diri sendiri. Siswa akan bekerja keras baik dalam diri sendiri maupun dalam bersaing dengan siswa lain.

Setelah menjelaskan apa itu motivasi belajar, saya akan sedikit menjelaskan tentang layanan responsif

Pelayanan responsif adalah pemberian bantuan siswa yang sedang menghadapi suatu masalah dan memerlukan pertolongan segera pertolongan agar masalah tersebut tidak menghambat/menimbulkan gangguan dalam proses perkembangannya

Pelayanan responsif bertujuan mengintervensi masalah-masalah atau kepedulian pribadi para siswa yang muncul segera dan dirasakan saat itu, berkenaan dengan masalah pribadi-sosial, karier, dan atau masalah pengembangan pendidikan.

Setelah menjelaskan apa itu layanan responsif, selanjutnya saya akan menjelaskan strategi pelaksanaan pelayanan responsif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Strategi tersebut antara lain :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline