Lihat ke Halaman Asli

Apakah Jaringan Dewasa pada Tumbuhan Nasih Bisa Berkembang?

Diperbarui: 24 September 2017   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://www.sridianti.com

Selamat datang di artikel kedua saya. Kali ini saya akan membahas mengenai jaringan. Apakah jaringan itu dan jenis-jenisnya? Apakah jaringan jenis permanen masih melakukan pembelahan? Mari kita simak data-data dan analisis di bawah ini.

Jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai asal, struktur, dan fungsi yang sama. Jaringan dapat dibedakan menjadi jaringan hewan dan tumbuhan. Jaringan tumbuhan dibedakan menjadi jaringan meristem/embrional yang belum terdiferensiasi dan jaringan permanen/dewasa yang sudah terdiferensiasi.

  • Jaringan Meristem

materisma.com

Ciri utama jaringan meristem antara lain aktif membelah, banyak sitoplasma, ukuran sel kecil karena masih muda, nukleus besar, serta organel lain kecil.

Jaringan meristem dapat dibedakan lagi berdasarkan asal dan lokasinya. Berdasarkan asal, jaringan meristem dibedakan menjadi jaringan meristem primer dan sekunder .Perbedaannya adalah jaringan meristem primer tumbuh ke atas dan bawah karena dilakukan oleh ujung batang dan akar, sedangkan jaringan meristem sekunder tumbuh ke sampng karena kambium. 

Berdasarkan lokasi, jaringan meristem dibedakan menjadi 3, yaitu jaringan apikal, interkalar, dan lateral. Jaringan apikal berada pada ujung batang dan akar, jaringan interkalar berada pada jaringan dewasa seperti misalnya bambu dan tebu, dan jaringan lateral berada pada korteks batang.

  • Jaringan Permanen

Jaringan permanen adalah kumpulan sel yang telah terdiferensiasi, namun dalam kondisi tertentu dapat bersifat meristem kembali. Jaringan permanen dibedakan menjadi 4 bagian, yaitu jaringan pelindung/epidermis, dasar, vaskuler/pengangkut, dan gabus/felogen.

  • Jaringan Epidermis

estrellamountain.edu

Berada pada tempat paling luar untuk melindungi tumbuhan. Sel-sel epidermis dapat berkembang menjadi alat tambahan/derivat epidermis, misalnya stoma, trikoma, kutikula, dan sel kipas.
  • Jaringan Dasar 

estrellamountain.edu

Dibedakan menjadi 2, yaitu jaringan parenkim/pengisi dan penyokong/penguat. Jaringan parenkim hampir dijumpai di semua bagian tumbuhan dan banyak mengandung kloroplas serta terdapat ruang antar sel. Jaringan penyokong berguna untuk menguatkan tumbuhan. Berdasarkan bentuk dan sifatnya, jaringan penyokong dibedakan lagi menjadi 2 yaitu jaringan kolenkim dan sklerenkim. Jaringan sklerenkim merupakan sel mati yang bentuknya lebih tidak teratur dan berdinding tebal. Jaringan kolenkim merupakan sel hidup yang mempunyai sel primer yang tebal dan berdinding tipis.
  • Jaringan Vaskuler

allwidewallpapers.com

Dibedakan menjadi xylem dan floem. Fungsi utama xylem adalah untuk mengangkut air dan garam-garam mineral dari akar. Sedangkan floem berfungsi nuntuk mengangkut amilum dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Xilem disusun oleh unsur-unsur trakea yaitu trakeid dan trakea, sedangkan floem disusun atas pembuluh tapis dan sel pengiring. Xilem bersifat impermeabel, dinding selnya tersusun atas lignin, dan berdinding tebal, sedangkan floem bersifat permeabel, dinding sel tersusun atas selulosa, dan berdinding tipis.
  • Jaringan Gabus

biomagz.com

Berfungsi untuk melindungi jaringan-jaringan dibawahnya dari kehilangan air. Jaringan gabus dibentuk oleh kambium gabus (felogen) yang terletak di bawah epidermis

Sedangkan jaringan pada tubuh hewan ada 5 macam, yaitu :

  • jaringan epitelium
  • jaringan otot
  • jaringan saraf
  • jaringan penyokong
  • jaringan lemak
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline