Lihat ke Halaman Asli

Bagas Andri

Masiswa-Mahasiswi

Bertindak Bukan Berbicara

Diperbarui: 7 Desember 2023   17:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ASISTENSI MENGAJAR DI SMK NASIONAL MALANG


Saya akan menceritakan pengalaman saya dan apa yang saya dapatkan selama mengikuti program Kampus Merdeka yaitu Asistensi Mengajar di SMK Nasional Malang.  SMK Nasional Malang terletak di Jalan Raya Langsep No.43, Bareng, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65146.

Asistensi Mengajar merupakan salah satu program pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa di satuan pendidikan formal dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan dari pihak kampus dan guru pamong dari pihak sekolah. Program Asistensi Mengajar dilaksanakan selama satu semester yang setara dengan 20 sks, termasuk kegiatan PLP dan KKN yang telah dikonversi menjadi kegiatan Asistensi Mengajar. Dengan adanya kegiatan Asistensi Mengajar dapat memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa.

Mahasiswa melaksanakan Asistensi Mengajar berfokus pada tiga bagian bagian diantaranya yaitu akademik, non-akademik, dan administrasi sekolah. Pada bagian akademik saya melaksanakan kegiatan pembelajaran sekaligus mengadaptasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran melalui penyusunan perangkat pembelajaran, merekap nilai, menyusun kisi-kisi, membuat soal-soal Ulangan Harian. Selain itu, pelaksanan kegiatan akademik saya membantu kegiatan pembelajaran di kelas XI TPM pada materi pembelajaran CNC (Computer Numerical Control) semester ganjil Bab 1 hingga Bab 5. 

Sedangkan pada kegiatan non-akademik saya melakukan pendampingan kegiatan Peringatan Kemerdekaan RI ke-78, melakukan pendampingan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, pelaksanaan program kerja SKANALA FEST 2.0, pelaksanaan lomba puisi, pelaksanaan lomba orasi, pelaksanaan lomba musik akustik/band, pelaksanaan lomba cosplay pahlawan, pelaksanaan lomba cerdas cermat, pelaksanaan pameran bazar dan berpartisipasi di berbagai kegiatan sekolah lainnya. Adapun pada bagian administrasi sekolah kami melakukan piket salim pagi, jaga tatibsie, piket hall cafece dan membantu di bagian tata usaha yaitu menulis data peserta didik pada buku induk, scan ijazah, scan SKHUN, scan sertifikat, scan penilaian siswa dan meyiapkan kalender untuk dibagikan pada saat pembagian rapor siswa.

Tujuan dari program asistensi mengajar diantaranya yaitu: (1) Membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan serta relevansi pendidikan dasar dan menengah dengan pendidikan tinggi sesuai perkembangan Ipteks. (2) Mengetahui gambaran tentang bidang Teknik mesin dan praktiknya di sekolah, (3) Mendiseminasikan produk-produk pembelajaran UM yang kreatif dan inovatif untuk peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah, (4) Meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional, khususnya peningkatan kualitas sekolah.

Pelaksanaan program Asistensi Mengajar berlangsung selama kurang lebih 5 bulan dan secara teknis terbagi menjadi empat tahapan yaitu: perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, diseminasi hasil kegiatan dan penyusunan laporan.

  • Perancangan Kegiatan

Pada tahap ini, mahasiswa diwajibkan untuk melakukan beberapa kegiatan selama dua minggu. Kegiatan tersebut meliputi observasi ke sekolah yang dilaksanakan pada tanggal 07 Agustus 2023 -- 11 Agustus 2023. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenal lebih dalam tentang sekolah dan menemukan berbagai permasalahan yang dapat menjadi latar belakang kegiatan yang akan dirancang oleh mahasiswa sekaligus bertemu dengan guru pamong yang akan mendampingi selama kegiatan Asistensi Mengajar di SMK Nasional Malang.

Kegiatan selanjutnya adalah perancangan kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2023. Perancangan kegiatan didasarkan pada hasil observasi sekolah serta diskusi dengan dosen pembimbing dari pihak kampus dan guru pamong dari pihak sekolah. Setelah menyusun rancangan kegiatan, mahasiswa bersama pihak terkait dari kampus dan sekolah melakukan Forum Group Discussion untuk menyepakati kegiatan apa saja yang dapat dilaksanakan mahasiswa selama mengikuti program Asistensi Mengajar. Kegiatan yang dirancang berupa kegiatan akademik, non-akademik, dan kegiatan administrasi sekolah. Setiap mahasiswa dari jurusan Pendidikan Teknik Mesin melakukan kegiatan mengajar sesuai dengan arahan guru pamong. Saya sendiri mengajar mata pelajaran CNC (Computer Numerical Control).

  • Pelaksanaan Kegiatan

Pada tahap ini, mahasiswa memulai kegiatan awal dengan kegiatan Pengantaran Mahasiswa dan Focus Group Discussion (FGD) sebelum melaksanakan kegiatan inti Asistensi Mengajar. Kegiatan awal tersebut dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2023 yaitu dilaksanakannya kegiatan Pengantaran Mahasiswa. Kemudian pada tanggal 22 Agustus 2023 dilaksanakannya kegiatan Focus Group Discussion (FGD).

pelaksanaan kegiatan dimulai tanggal 23 Agustus 2023 -- 04 September 2023 secara luring. Pada tahap ini, saya melaksanakan kegiatan pembuatan perangkat pembelajaran dan media pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline