Lihat ke Halaman Asli

Suryani Waruwu

Hati yang terbuat dari permata tak akan terbakar sekalipun diletakkan di ata api yang membara.

Hukum Tuai-Tabur

Diperbarui: 5 Oktober 2020   17:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Hukum "Tabur-Tuai" adalah sebuah hukum yang dikenal di dalam kekristenan. Hukum ini sudah disuarakan, bahkan dari zaman Perjanjian Lama (SEBELUM MASEHI). "Orang yang menabur kecurangan akan menuai bencana" (Amsal 22:8a). Atau di dalam Perjanjian Baru, Galatia 6:7 "Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. 

Prinsip yang sering disamakan dengan karma ini, juga bisa dilihat secara universal--dengan mengabaikan prinsip teologis tentunya! Hal ini dapat kita jabarkan dengan sederhana, dengan apa yang kita alami dalam keseharian. 

Dalam kondisi normal, seorang yang menanam padi, pada akhirnya akan menuai padi, bukan gandum, apalagi berlian! Dalam kondisi normal, seorang yang memelihara ikan di kolam, pada akhirnya akan panen ikan, bukan panen udang. Atau, orang yang melompat akan naik sedangkan orang yang terjun akan turun. Dan seterusnya. Jika yang terjadi adalah sebaliknya, kemungkinan akan disebut dengan dua nama, yaitu "keajaiban" atau "kemustahilan."

Dalam ilmu fisika, ada aksi maka ada reaksi. Dalam ilmu ekonomi, kita mengenal istilah utang dan piutang. Dalam logika kebahasaan, ada sebab dan ada akibat. Segala sesuatu akan berdampak secara normal, dalam hubungan sebab-akibat yang mengikuti kelaziman. Logika sebab-akibat inilah yang biasanya digunakan oleh manusia untuk melakukan setiap tindakan di dalam hidupnya. 

Hasil analisis yang dilakukan sepanjang hidup, bahkan sudah dimulai sejak manusia dilahirkan. Seorang bayi yang menangis akan segera didatangi oleh ibu atau pengasuhnya. Sang ibu atau pengasuh akan segera mengganti popok, memberi susu, atau menggendong si bayi hingga tangisannya berhenti. 

Sang bayi dalam hal ini tidak memiliki pengetahuan tentang arti tangis. Akan tetapi, pengalamanlah yang mengajarkannya bahwa jika ia menangis, akan ada seseorang yang datang dan memberinya minum, mengganti popok, atau mengangkatnya ke dalam gendongan. Pengalaman ini melewati proses penalaran yang menghasilkan sebuah tindakan. Jika berikutnya si bayi merasa lapar atau tidak nyaman karena popoknya yang basah, atau karena hal lain, ia akhirnya akan memutuskan untuk menangis.

Judul tulisan ini bukanlah typo atau salah ketik. Inilah prinsip yang justru menjiwai iman kekristenan, yaitu prinsip tuai -- tabur. Bukan bermaksud mengubah isi Alkitab, tulisan ini justru ingin mengajak kita melihat prinsip lain yang ternyata berjalan "seiring" dengan hukum "Tabur-Tuai." Prinsip ini bukan tanpa dasar. Prinsip ini sama logisnya dengan prinsip atau hukum "tabur-tuai" yang selam ini sudah kita kenal.

Ketika kita menabur benih padi di sawah, kita akan bekerja dengan keras, menjaga tanah dan ketersediaan air, serta menjaga tanaman kita dari berbagai hal yang mungkin akan mengakibatkan gagal panen. 

Setelah padi mulai tumbuh, kita masih terus bekerja, menghindarkan padi dari hama, gulma, dan binatang-binatang pengganggu. Setelah mendekati masa panen, kita terus bekerja untuk menjaganya, termasuk menjaga dari kemungkinan pencurian. Kita melakukan semua itu karena kita tentunya berharap bahwa pada saatnya nanti, kerja keras kita tersebut membuahkan hasil, yaitu panen padi.

Seorang pekerja akan melakukan pekerjaannya karena ia mengharapkan imbalan yang setimpal. Jika ingin imbalan yang lebih, berarti sang pekerja pun harus bekerja lebih (baca: lembur). Datang tepat waktu, bekerja sesuai aturan yang dibuat perusahaan, bahkan berpenampilan sesuai tuntutan perusahaan. Jika tidak terlalu menginginkan imbalan, sang pekerja juga bisa memilih untuk tidak bekerja dan menerima risiko pemotongan atau pengurangan upah yang akan diterima, atau bahkan pemberhentian.

Akan tetapi, prinsip hidup kekristenan tidak demikian---meskipun di beberapa bagian Alkitab dituliskan bahwa kita adalah kawan sekerja Allah. Seorang pengikut Kristus, memilih untuk mengikut Kristus, bukan karena mengharapkan imbalan apapun. Kalau hanya imbalan yang diharapkan, para misionaris yang mempertaruhkan nyawanya untuk melakukan penginjilan ke tempat-tempat yang belum pernah mereka datangi dan tidak ada jaminan keselamatan, tentu tidak akan dijalani. Apa yang lebih berharga bagi manusia selain nyawanya?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline