Lihat ke Halaman Asli

Baehaqie David

INGAT TARGET, JANGAN SANTAI

Filsafat Pendidikan Aliran Parennialisme dan Pemikiran Tokohnya

Diperbarui: 13 Mei 2020   23:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Assalamualaikum wr.wb

Pada kesempatan kali ini saya mau menjelaskan sedikit tenang filsafat Pendidikan aliran Parennialisme beserta tokoh-tokohnya. Untuk yang pertama saya akan menjelaskan pengertian filsafat Pendidikan parennialisme.

1. Pengertian filsafat Pendidikan aliran parennialisme.
Parennialisme adalah salah satu cabang aliran filsafat yang muncul pada abat ke-20. Aliran ini bersikis keras menentang aliran progresivisme, karena perubahan lama menjadi perubahan baru. Sedangkan pengertian dari aliran parennialisme adalah alirang yang lebih mengutamakan tentang prinsip=prinsip yang abadi.

Aliran ini memiliki tujuan yaitu untuk memberikan nilai yang absolut dalam Pendidikan tanpa menghilangkan unsur kebudayaan.

Dalam aliran ini memiliki prinsip diantarannya kebenaran yang absolut, Pendidikan sesuai pemahaman, karya karya besar, mengetahui 

2. pemikiran tokoh.

A. Robert Maynard Hutchins
Ia mengatakan bahwa seharusnya Pendidikan harus bisa meningkatkan serta mementingkan kecerdasan manusia itu sendiri, dan ia juga menyampaikan bahwa kurikulum adalah peninggalan karya besar.


B. Ortimer adler
Ia brependapat bahwa makhluk rasional akan memiliki intelektuan yang dapat digunakan sebagai subjek dalam Pendidikan.

Semoga bermanfaat wassalamualaikum wr.wb

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline