UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR
PESERTA DIDIK MATERI LINGKARAN DENGAN
MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)
BERBANTUKAN QUIZIZZ KELAS VIII PKT
SMP MUHAMMADIYAH SEMIN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapa belajar dengan baik. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja peserta didik sendiri, dalam hal inilah keaktifan peserta didik sangat diperlukan. Pelajaran Matematika pada Kurikulum merdeka merupakan pelajaran wajib yang mengharuskan peserta didik mempelajari pelajaran matematika dari kelas VII hingga ke kelas IX. Mata Pelajaran Matematika di Provinsi DIY di masukan sebagai pelajaran yang di ujikan pada tahap Ujian Sekolah dan ASPD. Hal ini menjadikan pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari.
Permasalahan tersebut menjadikan peserta didik harus mempelajari matematika dengan tuntas. Tetapi peserta didik merasa matematika adalah pelajaran yang sulit dan sering mereka hindari, peserta didik tidak memiliki motivasi belajar sehingga membuat hasil belajar mereka pada mata pelajaran matematika tidak optimal. Setelah dilakukan analisis terhadap kajian literatur dan hasil wawancara, serta dikonfirmasi melalui observasi dapat diketahui bahwa penyebab munculnya masalah rendahnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran adalah :1). Rendahnya motivasi peserta didik dalam belajar. 2) Menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit. 3) Pembelajaran hanya berpusat pada guru. 4) Pembelajaran yang digunakan bersifat monoton. 5) Guru belum menggunakan model, metode dan media yang tepat.