Lihat ke Halaman Asli

Badrul Jannah

gpai sdn Sukolio Barat 2

Mulai dari Diri Modul 3.2 - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Diperbarui: 3 Mei 2023   04:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

3.2.a.3. Mulai dari diri

Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 

Menjawab soal

  • Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.
    Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

Bagian-bagian yang ada di sekolah sebagai bagian dari ekosistem dipengaruhi oleh dua faktor yaitu biotik dan antibiotik. Dimana faktor biotik itu terdiri dari semua unsur makhluk hidup yang ada di sekolah seperti kepala sekolah guru murid operator orang tua komite sekolah dan sebagainya.

Sedangkan faktor abiotik terdiri dari sarana dan prasarana yang ada di sekolah seperti laptop spidol ATK gedung sekolah dan lain sebagainya.

Kedua faktor tersebut akan saling mempengaruhi dan memiliki keterkaitan satu sama lainnya

  • Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?
    Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.

Sumber daya yang ada di sekolah ada 2:

Yaitu biotik dan abiotik, kedua-duanya dapat dimanfaatkan asal dikelola dengan baik titik faktor biotik itu terdiri dari semua unsur makhluk hidup yang ada di sekolah tersebut seperti kepala sekolah guru murid petugas tu operator orang tua komite dan lain sebagainya.

Faktor abiotik terdiri dari sarana dan prasarana yang ada di sekolah seperti laptop printer papan tulis spidol Atika gedung sekolah dan lain sebagainya.

Antara biotik dan abiotik ada hubungan timbal balik keduanya yang tidak bisa dipisahkan Tetapi ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi sumber daya di ekosistem sekolah diantaranya cara atau metode mengajar yang digunakan oleh guru atau pendidik, kurikulum, cara berinteraksi guru dan murid, cara berhubungan murid dengan murid peraturan sekolah yang ditetapkan dan diterapkan serta materi ajar yang disampaikan guru terhadap murid-muridnya.

  • Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.
    Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline