Lihat ke Halaman Asli

Badriyah Badriyah

SMK Negeri 1 Kendal

Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh di SMK Negeri 1 Kendal

Diperbarui: 4 Februari 2021   19:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

facebook/SMKN 1 Kendal

SAAT INI - Masa pandemi COVID-19 belum kujung selesai, masih banyak penyebaran virus corona meskipun begitu pemerintah sudah ada solusi untuk meminimalkan penyebaran virus corona yaitu dengan adanya Vaksin COVID-19 dan untuk itu membutuhkan proses yang panjang. Sistem Pembelajaran Jarak Jauh juga kembali diperpanjang seperti yang terjadi di SMK Negeri 1 Kendal juga kembali memperpanjang PJJ ini. Lantas, Bagaimanakah efektivitas pembelajaran online  di SMK Negeri 1 Kendal ?.

Selama masa pandemi COVID-19 yang mengakibatkan sistem pendidikan di Indonesia, menerapkan pembelajaran sistem online atau virtual tanpa tatap muka langsung. Hal itu juga dilaksanakan oleh semua satuan pendidikan termasuk salah satunya sekolah di Kabupaten Kendal yaitu SMK Negeri 1 Kendal, melaksanakan sistem PJJ online yang telah disepakati menggunakan media platfrom yang telah disediakan. 

Segala bentuk materi pelajaran dari guru akan didistribusikan secara online, komunikasi juga dilakukan secara online dan tes juga dilakukan secara online. Sesuai kesepakatan yang telah disetujui oleh guru dan murid di SMK Negeri 1 Kendal memanfaatkan sistem PJJ melalui media seperti Google Classroom, Google Meet, Whatsapp grup, dll. 

Meskipun kegiatan belajar mengajar melalui media online tapi tetap mempunyai aturan tata tertib yang berlaku selama kegiatan PJJ, agar bisa membuat siswa tetap displin dalam belajar. Contoh kedisplinan siswa SMK Negeri 1 Kendal dalam kegiatan PJJ yaitu seperti Absen masuk (06.00-07.00) harus tepat waktu dan begitu pula setelah kegiatan KBM telah selesai Absen Keluar (11.00-12.00), hal tersebut akan membuat siswa bisa mengikuti PJJ dengan tepat waktu.

Efektivitas dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SMK Negeri 1 Kendal dilakukan dengan sangat baik terstruktur, tapi mungkin ada masalah kesulitan terhadap peserta didik seperti jaringan internet yang lemot, kuota internet terbatas, dan bahkan mungkin kesulitan siswa dalam menerima materi pelajaran karena mungkin belum paham mencerna materi yang disampaikan oleh guru. 

Strategi PJJ yang dilakukan kurang tepat dan menyenangkan bagi siswa juga akan mengurangi efektivitas pada hasil belajar siswa. Namun hal itu semua pasti juga ada solusinya. Dalam Masa Pandemi ini tidak menghalangi semangat siswa SMK Negeri 1 Kendal untuk terus belajar dan berkarya.

Agar efektivitas PJJ selama masa pandemi dapat dilakukan secara maksimal maka pihak sekolah harus lebih terintegritas lagi dalam hal PJJ tersebut. Semoga segala masalah kesulitan dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh ini bisa teratasi dengan solusinya. Semoga bisa segera belajar tatap muka langsung secara normal  disekolah dan pandemi ini semoga segera berakhir. Aamiin Ya Robbal’alamin.

---Badriyah (Peserta Didik SMK Negeri 1 Kendal)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline