Lihat ke Halaman Asli

BADINUR RASYIDIN

Trying to reach something

Berpikir Bodo Amat Terkadang Bisa Menyelamatkan Anda

Diperbarui: 15 Juli 2019   07:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sebatin.com

Terlalu banyak ikut campur dalam kehidupan orang lain memang terkadang malah membuat diri Anda terjebak dalam suatu mala petaka. Seperti yang pernah saya alami niat hendak menolong malah balik terkena imbas, memang berbuat baik itu suatu hal yang baik tapi terkadang setiap orang harus menikmati ujiannya masing masing. 

Tanpa ada bantuan orang lain sedikitpun, aneh memang cara dunia ini berkerja itu mungkin yang membuat banyak orang berubah watak menjadi murni hedonisme tanpa memperdulikan orang lain. 

Hanya sekedar sharing semoga kisah saya bisa menjadi sebuah pembelajaran bagi kalian semua. Beberapa tahun kebelakang saya berkerjasama dengan teman, ia seorang yang di tinggalkan oleh kedua orang tuanya dan juga memang sudah tiada sanak saudara untuk meminta pertolongan. Ia satu bulan bekerja tapi tidak di bayar bagaimana saya tidak iba kami dulu pernah bekerja bersama, sebagai seorang yang memang susah untuk mendapatkant teman diri ini selalu menghargai siapapun yang hampir di kehidupan ini. 

Lalu pada akhirnya ia meninggalkan pekerjaannya, setelah itu saya saja untuk tinggal saja di kostan bersama lebih hemat dan tentu akan saya cover masalah makanan dan lain lain. 

Beberapa minggu sudah berjalan dan memang saya pribadi juga bukanlah pekerja yang memiliki gaji besar, akan tetapi karena rasa iba ini dan pernah merasakan bagaimana rasanya kelaparan yang sebenarnya saya terus mendukungnya. Sampai pada akhirnya keluarganya luluh dan kembali mau menerimanya, ia mendapatkan pekerjaan yang layak dan berbagai hal baik lainnya. 

Dan disini saya mulai kecewa ketika pada suatu waktu, saya sedang jatuh ekonomi bukan niatan meminta pamrih tapi hanya sekedar minta bantuan hasilnya nol besar. 

Dengan sejuta dalih ia tidak bisa membantu saya seakan memang diri ini adalah orang asing yang tidak bisa di percaya, hancur memang perasaan ini. 

Terkadang memang saya merenung " apa memang saya terlalu lembek dan mengorbankan demi orang lain ketimbang kebahagian sendiri?". Peristiwa ini sudah kerap kali saya alami, ada pepatah inggris yang mengatakan ( kebaikan terkadang akan membunuh mu) ironis memang tapi terkadang kita harus mengutamakan diri sendiri dahulu baru orang lain. 

Itu juga yang sering terjadi di Indonesia ini, banyak orang yang sibuk terjun kedalam urusan pribadi orang lain sedangkan urusannya sendiri amburadul sungguh ironis. Sibuk mengoreksi orang lain tapi dirinya sendiri ada di level lebih rendah, sibuk menjudge ini dan itu padahal pengetahuannya kosong. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline