Lihat ke Halaman Asli

Self Care bagi Kesehatan Mental

Diperbarui: 3 November 2023   21:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

@jaeyucoty

Self care atau perawatan diri adalah aktivitas yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan rasa kesejahteraan diri sendiri. Self-care merupakan usaha proaktif yang dilakukan untuk memperoleh kesehatan fisik dan mental dengan cara menyeimbangan pikiran, raga, serta jiwa, baik secara pribadi maupun profesional.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan perawatan diri (self care) sebagai kemampuan individu, keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, memelihara kesehatan, dan untuk mengatasi penyakit dan disabilitas dengan atau tanpa dukungan dari penyedia layanan kesehatan.

Namun, walaupun memiliki dampak atau efek yang luar biasa penting bagi kesehatan baik secara fisik ataupun psikologis terkadang tidak semua dapat meluangkan waktu dan energi mereka untuk melakukan hal ini. Tidak hanya kurangnya energi atau waktu, situasi keuangan atau perasaan mementingkan diri sendiri atau rasa bersalah juga merupakan faktor yang berkontribusi diabaikannya perawatan diri. Banyak yang berpendapat bahwa mempraktikkan perawatan diri membuat seseorang tampak egois. Walaupun, faktanya, hal ini penting untuk menjaga kesehatan seluruhnya.

Self care juga merupakan hal yang penting untuk kesehatan mental dan kesehatan secara keseluruhan. Setiap orang memiliki kondisi kesehatan mental yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perawatan diri yang dibutuhkan berbeda-beda.


Bagaimana Cara Melakukan Perawatan Diri (Self Care) ?

Secara umum, self care juga hal yang perlu dilakukan untuk keberhasilan proses pemulihan dari gangguan mental. Orang-orang yang dalam proses pemulihan menemukan bahwa kesehatan fisik, spiritual, dan emosi mereka semuanya terhubung dan saling mendukung. Merawat semua aspek diri dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, baik fisik maupun mental. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai self care, antara lain:

  • Pola Hidup Sehat. Misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat, cukup tidur, olahraga teratur, serta hindari narkoba dan alcohol, serta mengelola stress dan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin guna menjaga kesehatan.
  • Menjaga Kebersihan. Kebersihan merupakan aspek penting dalam self care yang tidak dapar dilupakan. Menjaga kebersihan penting untuk alasan sosial, medis, dan psikologis. Selain itu, dengan menjaga kebersihan juga dapat meningkatkan cara orang lain memandang diri dan cara kamu memandang diri sendiri.
  • Hubungan Sosial. Tak dapat dipungkiri sebagau manusia, hubungan atau interaksi social merupakan hal yang penting. Bangunlah hubungan social baik kekeluargaan atau pertemanan yang sehat. Jangan ragu untuk bercerita kepada orang-orang terdekat atau dalam hal ini dapat dipertimbangkan juga ahli atau professional jika diperlukan.
  • Rekreasi dan Relaksasi. Cobalah melakukan sesuatu yang kamu sukai setiap hari seperti dengan menari, menonton acara TV favorit, berkebun, melukis, atau membaca. Selain itu, dapat juga dengan melakukan meditasi, yoga, pijat, mandi, atau berjalan-jalan diruangan tenang.

Melakukan perawatan diri secara teratur dapat membantu kita menjadi lebih baik dan lebih mampu bereaksi terhadap kesulitan-kesulitan yang terjadi dalam hidup, serta terjaganya kesehatan. Manfaat yang kita dapatkan jika melakukan perawatan diri secara teratur adalah kondisi kesehatan menjadi lebih baik, seperti menurunnya tingkat stress, sistem kekebalan meningkat, produktivitas meningkat, dan memiliki harga diri yang lebih tinggi. Oleh karena itulah,  self care  merupakan hal penting bagi kesehatan mental.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline