Lihat ke Halaman Asli

bachtiar hamzah

Mahasiswa Fakultas Hukum

Edukasi Pemahaman Bahaya Korupsi dan Penanaman Nilai Antikorupsi Sejak Dini

Diperbarui: 11 Agustus 2023   13:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Pemalang (21/07) -- telah dilaksanakan edukasi mengenai bahaya korupsi dan penanaman nilai-nilai anti korupsi oleh Ahmad Bachtiar Hamzah Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro kepada siswa-siswi kelas 7 SMP N 6 Taman dalam rangka kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP N 6 Taman. Sosialisasi tentang penanaman nilai-nilai anti korupsi dimulai pukul 10.20 WIB dan dilaksanakan di pelataran masjid SMP N 6 Taman.

Kasus korupsi di Indonesia hampir setiap hari muncul dalam pemberitaan baik televisi maupun sosial media dan dapat diakses oleh semua kalangan termasuk anak-anak. Tanpa disadari hal tersebut akan menimbulkan dampa negatif kepada anak yang cara berpikirnya masih abstrak terutama pada degradasi karakter. Apabila dibiarkan begitu saja, anak-anak akan berpotensi meniru apa yang mereka lihat salah satunya perilaku korupsi.

Acara diawali dengan perkenalan seluruh mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2022/2023 dan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang nilai-nilai antikorupsi. Penyampaian materi disampaikan secara interaktif, ringan dan menarik. Edukasi mengenai bahaya korupsi dan penanaman nilai-nilai antikorupsi berjalan dengan lancar dan kondusif. 

Materi yang disampaikan meliputi definisi korupsi, dasar hukum korupsi, contoh korupsi yang ada di Indonesia, bahaya korupsi, contoh korupsi dalam kegiatan sehari-hari, pentingnya penanaman nilai-nilai antikorupsi, nilai-nilai antikorupsi apa saja yang harus dimiliki oleh siswa dan dilanjutkan pemutaran film animasi Komisi Pemberantasan Korupsi. Setelah itu dilanjutkan dengan kuis interaktif bagi siswa-siswi dan yang berani menjawab diberikan hadiah.

Diharapkan dengan adanya edukasi bahaya korupsi dan penanaman nilai-nilai antikorupsi ini, nilai-nilai integritas bisa berhasil ditanamkan dan melekat menjadi karakter bagi siswa-siswi SMP N 6 Taman. Selain untuk menanamkan karakter kepada siswa-siswi, edukasi ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah tindakan korupsi yang terjadi di kehidupan sehari-hari sebagai bentuk usaha menyiapkan siswa-siswi sebagai generasi penerus bangsa yang berani melawan dan bebas korupsi di masa yang akan datang.

Penulis: Ahmad Bachtiar Hamzah, S1 Hukum Fakultas Hukum, KKN Tim II Undip 2022/2023

Lokasi KKN: Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline