Lihat ke Halaman Asli

Bachtiar Adnan Kusuma

Tokoh Nasional Literasi dan Penerima Penghargaan Tertinggi NJDP Perpusnas RI

Chaidir Syam dan Suhartina Bohari Menjejak Makna

Diperbarui: 7 Juli 2023   05:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Chaidir Syam dan Suhartina Bohari Menjejak Makna

( HUT 64 Tahun Kabupaten Maros )

"Andai Maros itu seperti sebatang tubuh, maka ijinkan saya untuk mendekapnya lagi dan lagi. Mendekap artinya berkarya untuknya, mendekap artinya memberikan kehangatan dengan pengabdian yang bermakna". Pernyataan Chaidir Syam, Dua Tahun Menjejak Makna, penulis kembali mengingatkan bahwa tepat 4 Juli 2023, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Maros, H.A.S.Chaidir Syam dan Hj. Suhartina Buhari, genap dua tahun memimpin Kabupaten Maros sekaligus menjadi titik asa utama di HUT 64 Tahun Maros.

Penulis beberapa waktu lalu, berdiskusi dengan Bupati Maros, Chaidir Syam, dan beliau berharap semoga saja di masa kepemimpinannya ini, bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat Maros.Menang Pilkada 2020 dan dilantik pada 26 Februari 2021. Semoga masyarakat tidak pernah bosan untuk mendoakan para pemimpinnya. Dan pada doa itu ada timbal balik berupa karya terbaik pemimpin kepada rakyatnya.

Didampingi oleh Wakil Bupati perempuan tangguh yang tentunya punya misi yang sama, Hj. Suhartina Bohari, membuat Chaidir Syam semakin yakin, bisa berbuat banyak untuk masyarakat Maros di tahun berikutnya. Baginya waktu dua tahun yang telah lewat ini masih terbilang singkat untuk menyempurnakan bentangan sajadah pengabdian. Masih ada daftar impian dan cita-cita masyarakat Maros yang belum terwujud.

Dalam memperingati HUT 64 Tahun Kabupaten Maros tahun ini, Pemerintah Kabupaten Maros mempunyai beberapa program unggulan. Misalnya mewujudkan Maros menjadi Kabupaten Literasi. Ini bukan upaya Chaidir Syam sebagai bupati untuk tampil beda. Karena memang Chaidir Syam melihat, kalau mau memajukan masyarakat, maka literasi harga mati. Literasi dalam makna yang paling dasar, yaitu pemasyarakatan minat membaca dan menulis.

"Alhamdulillah, berkat kerja sama semua pihak, saya didaulat sebagai pemimpin publik yang terpilih mendapatkan PenghargaanTertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional, kategori pejabat publik, pada 14 November 2022 lalu di Jakarta. Itu artinya, kabupaten yang saya pimpin ini, secara nasional sudah diakui kiprahnya dalam menggiatkan literasi", ucap Chaidir Syam.

Adalagi program unggulan lain, yaitu program wisata Green Tourism. Maros adalah tempat yang indah. Allah telah menitipkan salah satu lukisan alam terindah kepada Pemerintah Kabupaten Maros. Yang mungkin tidak ditemukan di belahan dunia lain. Green tourism yang ditawarkan Chaidir Syam, menghadirkan kawasan karst yang menjadi warisan dunia atau istilah kerennya adalah Geopark Maros sebagai site atraksi wisata berbasis konservasi.

Kerja sama dan kerja kompak antara Bupati, Wakil Bupati, dan seluruh Forkopimda yang ada, buah hasilnya mulai tampak. Satu persatu prestasi mulai diraih oleh Kabupaten Maros. Bahkan beberapa diantaranya bagi Chaidir Syam adalah pencapaian yang mencengangkan. Target memang tetap ada, namun pencapian yang diraih tidak tergambarkan bisa seperti itu.

Di bagian ini kita mencoba meneropong bagaimana kualitas pembangunan bidang literasi di Maros. Tolok ukurnya ada dua yaitu Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPML) dan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM). Kalau dibuatkan grafik IPML dan TGM meningkat bahkan menukik tajam. Contohnya untuk Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat pada 2022, IPLM Kabupaten Maros berada pada kategori sedang dengan nilai 71,80 jika dibandingkan IPLM pada 2021 berada pada posisi 29, 90.Tingkat Kegemaran Membaca pada 2022, Maros ada di angka 61, 78 kategori tinggi. Sementara TGM Kabupaten Maros di 2021 berada di angka 53, 79 Kategori Sedang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline