Lihat ke Halaman Asli

Stop Pemanasan Global (Global Warming)

Diperbarui: 23 Mei 2022   23:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: oezil26.deviantart.com

Stop Pemanasan Global (Global Warming)

Bumi merupakan satu-satunya planet yang diketahui memiliki kehidupan. Hingga saat ini, masih belum ditemukan planet selain bumi yang memiliki kehidupan atau bisa dijadikan sebagai tempat tinggal makhluk hidup. Bumi merupakan tempat manusia dan berbagai makhluk hidup lainnya tinggal dan berpijak. 

Maka dari itu, bumi sangat penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Bumi yang kita tempati ini semakin menua seiring berjalannya waktu. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya bencana alam yang kerap terjadi di bumi ini, salah satunya adalah pemanasan global atau yang biasa disebut juga dengan istilah  global warming.

Global warming atau pemanasan global yaitu suatu fenomena global yang diakibatkan oleh peningkatan suhu rata-rata bumi, laut, dan atmosfer. Peningkatan suhu rata-rata ini diakibatkan oleh aktivitas yang dilakukan oleh manusia terutama pada penggunaan bahan fosil dan kegiatan peralihan guna lahan, karena adanya kegiatan tersebut menimbulkan gas-gas yang semakin menumpuk di atmosfer, teutama gas karbon dioksida atau CO2 melalu suatu kegiatan atau proses yang disebut sebagai efek rumah kaca.

Gambar efek rumah kaca (sumber: https://www.gambar.pro/)

Sebab-Sebab Terjadinya Pemanasan Global

  • Efek Rumah Kaca (greenhouse Effect)

Efek rumah kaca (greenhousr effect) merupakan istilah yang sering kita dengar jika bersangkutan dengan pemanasan global. Disebut dengan istilah efek rumah kaca karena terjebaknya suhu panas di dalam atmosfer bumi. 

Proses ini terjadi mirip dengan rumah kaca yang memiliki fungsi untuk menjaga suhu tanaman yang ada di dalamnya. Meningkatnya suhu dalam rumah kaca diakibatkan oleh pantulan yang diberikan oleh sinar matahari terhadap benda-benda yang ada di dalam rumah kaca dan kemudian terhalang oleh dinding kaca, sehingga menyebabkan udara panas tidak bisa keluar. 

Adanya efec rumah kaca ini juga dibutuhkan oleh berbagai makhluk hidup yang ada di bumi, tanpa adanya efek rumah kaca akan menyebabkan suhu rata-rata yang ada di bumi menjadi -18. 

Jadi dengan adanya efek rumah kaca bisa menyebabkan dampak baik dan buruk. Dampak baiknya dari adanya efek rumah kaca suhu di bumi tidak terlalu renda. Akan tetapi, dampak buruknya adalah jika suhu yang ada di bumi terus menerus meningkat juga tidak baik dan akan menimbulkan pemanasan global.

  • Efek Umpan Balik

Factor lain yang bisa menyebabkan pemanasan global yaitu efek umpan balik. Umpan balik ini hanya memiliki efek bertahap karena CO2 memiliki masa pakai yang lama di atmosfer. Ini akan meningkatkan pemanasan dan melelehkan lebih dari satu siklus terus menerus.

  • Penebangan Hutan

Penebangan hutan ini kerap terjadi di berbagi wilayah yang ada di dunia tak terkecuali negara Indonesia. Penebangan hutan ini biasanya disebabkan oleh berbagai kepentingan komersial, seperti produksi kayu yang dilakukan sebagai bahan baku pembuatan kertas, diproduksi untuk mebel, ataupun digunakan untuk lahan pertanian, peternakan, dan industry. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline