Lihat ke Halaman Asli

Herman Wahyudhi

PNS, Traveller, Numismatik, dan Pelahap Bermacam Buku

Apa Arti Sebuah Nama? (2)

Diperbarui: 1 Mei 2018   06:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gambar: lawyersmarketingassociates.com

Apa artinya sebuah nama?

Seperti film My Name is Khan yang dibintangi Sharukh Khan, nama Khan membuat seorang anak menjadi dimusuhi oleh teman-teman sekolahnya di Amerika Serikat.   Nama Khan seolah dicap sebagai teroris.

Padahal nama adalah sebuah doa yang dipanjatkan oleh orangtua. 

Tapi ada juga nama yang salah tulis tak sesuai dengan nama sang idola.  Misalkan ada nama Maik Tison dari nama petinju Mike Tyson.  Atau yang ngetop belakang seperti Ibu di Kecamatan Muncar di Kabupaten Banyuwangi yang memberi nama anak lelakinya dengan nama Aril Piterpen (dari vokalis Peterpan, Ariel). 

Jangankan di Indoensia, bahkan di Jerman masih ada orang yang memberi nama anaknya Adolf Hitler lho....

Dahulu nama di Belanda biasanya dari nama ayah.  Misalnya Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Jan Pieterzoon.  Artinnya Jan anak laki-laki dari Pieter.   Bisa juga nama Van yang artinya anak dari....atau berasal dari (desa/daerah/tempat).

Atau kalau di Inggris jadi Peterson atau anak laki-laki dari Peter.  Di Irlandia menjadi Mac, misalkan MacDouglas (anak dari Douglas), MacMahon (anak dari Mahon).   Ya kalau di Indonesia, contohnya nama Soekarno Putra atau Soekarno Putri.    

Pemegang rekor nama terpanjang di dunia adalah seorang pria asal Jerman. AKibat namanya ini membuat banyak petugas malah untuk menulis nama panjangnya tersebut saat akan membuat kartu identitas, atau SIM dan juga KTP.

Lihat saja, nama pria ini adalah   Adolph Blaine Charles David Earl Frederick Gerald Hubert Irvim John Kenneth Loyd Martin Nero Oliver Paul Quincy Randolph Sherman Thomas Uncas Victor Willian Xerxes Yancy Zeus Wolfeschlegelsteinhausenbergerdorffvoralternwarengewissenhaftschafers wesenchafewarenwholgepflegeundsorgfaltigkeitbeschutzenvonangereifen duchihrraubgiriigfeindewelchevorralternzwolftausendjahresvorandieer scheinenbanderersteerdeemmeshedrraumschiffgebrauchlichtalsseinu rsprungvonkraftgestartseinlangefahrthinzwischensternartigraumaufde rsuchenachdiesternwelshegehabtbewohnbarplanetenkreisedrehensichund wohinderneurassevanverstandigmenshlichkeittkonntevortpflanzenundsicherfreunanlebenslamdlichfreudeundruhemitnichteinfurchtvorangreifenv0n andererintlligentgeschopfsvonhinzwischensternartigraum. (ini bukan salah ketik, memang namanya seperti ini ya...)

Saking malasnya untuk mencatat namanya, para petugas biasanya hanya menulis namanya Wolfe+585.  Namun, sayangnya pria ini telah meninggal pada tahun 1985, namun dirinya masih menjadi pemegang rekor nama terpanjang di dunia.

Brfxxccxxmnpcccclllmmnprxvclmnxkssqlbb11116 merupakan nama seorang anak. Pasangan asal Swedia melayangkan protes karena dilarang menggunakan nama tersebut untuk anak bungsunya. Pasangan tersebut mengaku nama tersebut dieja menjadi Albin, namun tetap saja pemerintah melarangnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline