Gara-gara kunjungan ke pabrik PT Federal Karyatama, yang memproduksi oli berkualitas “Spesialis Dingin” dengan merek Oli Federal, saya pun turut menjajal ketangguhan dan ke-spesialis-an oli Federal.
Ngga tanggung-tanggung, oli yang saya pergunakan adalah oli sintetik Federal Supreme XX Racing dengan spesifikasi SAE 10W-40. Oli ini saya dapat dari goody-bag dari PT Federal Karyatama, namun yang ini kemasannya berwarna gold, bukan perak seperti yang ada di websitenya http://federaloil.co.id/product.
Motor yang saya gunakan sih jenis matic, Vario 150cc, dan jarak tempuh juga lumayan jauh, Setiabudi – Parung Kuda Sukabumi. Trek yang dilalui ini cukup menantang. Berboncengan dengan mantan pacar (yang kini jadi istri), motor lumayan saya jalankan di kecepatan 60-80 km/jam. Tau kan jalur Sukabumi. Itu jalur yang lumayan menanjak, dan banyak klub-klub motor mengadakan turing di sana.
Mereka mengambil jalur Sukabumi, selain untuk wisata, melepas lelah, juga untuk menjajal trek menanjak dan kelak-kelok jalur Sukabumi. Apalagi jalur ini juga terkenal macet. Kebayang kan, macet, bawa beban, dan menanjak.
Paket komplit untuk menjajal ketangguhan oli Federal, untuk membuktikan apakah benar seperti yang dikatakan para penguji di Endurance Test Banda Aceh - Jakarta, bahwa oli yang digunakan, yang sama dengan yang saya gunakan, memang benar-benar spesial untuk turing.
Apakah benar oli Federal Supreme XX Racing ini memang terbukti mengentengkan tarikan dan cocok untuk perjalanan jauh dengan rintangan macet dan tanjakan?
Awal cerita adalah saat jumpa pers “Endurance Journey With Federal Oil”. Pihak penguji adalah tim dari Motorsport yang berpengalaman menguji banyak motor dan spare-part motor, termasuk oli. Mereka menempuh total jarak 3.557 km, dari Banda Aceh menuju Jakarta. Mereka menggunakan 4 motor, salah satunya tipe yang sama yang saya gunakan untuk turing ke Sukabumi, yaitu Vario 150.
Sebenarnya sih saya bukan menjalankan turing resmi, tapi menjenguk anak yang sekolah di sekitar Parung Kuda, Parakan Salak, Sukabumi. Namun perjalanan jauh dan kondisi medan, tidak jauh berbeda dengan touring untuk pengujian “endurance”.
Cuma bedanya turing ala tim Motorsport dengan saya adalah, mereka benar-benar melakukan pengujian dengan serius, dari mulai A – Z. Dari membongkar mesin sejak awal, untuk dicek kondisi sebelum menggunakan oli Federal, hingga pengisian oli, penggeberan sejauh 3.500 km lebih, dan akhirnya setelah sampai di Jakarta, membongkar kembali blok mesinnya, melihat kondisi spare-part yang bergesekan dengan oli Federal, juga yang paling canggih mengukurnya dengan tabel-tabel perbandingan yang biasanya dilakukan penguji-penguji profesional.
Beda dengan saya. Pengujian berdasarkan intuisi sendiri. Motor ini beberapa kali saya gunakan untuk perjalanan cukup jauh, Setiabudi – Alam Sutra, yang jauhnya lebih dari 60 km pulang/pergi, dan mengalami hambatan macet di sepanjang jalan Cipulir. Pengenalan dan (hingga) akrab dengan gaya tarikan mesin pun didapat berkat mengendarai motor Vario 150 ini hampir lebih 20x pulang pergi Setiabudi – Alam Sutra. Jadi saya anggap, saya cukup mengenal gaya tarikan mesinnya.
Nah, saat mau berangkat touring ke Sukabumi, oli motor dikuras, dan diisi dengan oli Federal Supreme XX Racing ini. Setelah itu, langsung dijalankan ke Sukabumi di siang hari. Bensin yang digunakan tidak berbeda dengan yang biasa, masih menggunakan bensin produk Shell, yang nilai oktannya memang cocok dengan mesin 150 cc Vario.