Lihat ke Halaman Asli

10 Plugin WordPress yang Penting | Babastudio.com

Diperbarui: 26 Juni 2015   00:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ratusan bahkan mungkin ribuan plugin tersedia di internet. Plugin membuat WordPress terus berkembang bersama ide-ide kreatif yang membuatnya seolah memiliki fitur tanpa batas. Namun semakin banyak plugin dengan fungsi serupa maupun tidak serupa membuat kita akhirnya bingung, bingung memilih plugin yang mana yang sebetulnya sangat dibutuhkan. Sebab, jangan sampai ketika Anda menggunakan banyak plugin, malah  akan membuat penurunan performance

Berikut ini adalah 10 plugin standar yang dapat Anda dapatkan secara gratis dengan cara mendownloadnya dari dashboard blog WordPress Anda atau berkunjung ke situs resminya WordPress.

1.Akismet

Akismet merupakan plugin standar yang telah disediakan cms WordPress saat WordPress terinstall di dalam blog. Akismet merupakan plugin yang bisa dikatakan menjadi ‘ujung tombak’ para pemilik blog dalam menaggulangi  atau mengurangi spam. Saat komentar masuk ke dalam sebuah blog yang telah terpasang plugin Akismet,  maka Akismet akan mengambil data dari pusat data  dan melakukan cek ricek apakah nama, email, website, alamat IP serta komentar  merupakan spammer atau bukan.

2. Breadcrumb NavXT

Fungsinya untuk membuat struktur navigasi di dalam sebuah blog, sehingga saat pengunjung blog berada di suatu halaman blog maka akan muncul struktur navigasi halaman yang sedang Anda kunjungi. Hal ini ini juga berguna untuk keperluan SEO, sehingga crawl yang dilakukan search engine akan lebih merata.

3. Comment Approval Notification

Plugin yang berguna untuk memberikan notifikasi (pemberitahuan) melalui email kepada netter yang komentar yang dikirimkan di blog Anda telah disetujui, dengan plugin ini maka akan dapat mengingatkan si pemberi komentar sehingga si pemberi komentar dapat mengetahui komentar yang telah dikirmkan di blog Anda telah Anda terima dan tampilkan serta si pemberi komentar akan tetap ingat terhadap blog Anda.

4. All in One SEO Pack

Untuk keperluan SEO, maka plugin ini akan membantu blog untuk meningkatkan performa SEO. Dengan menggunakan plugin ini, maka blog dapat dioptimasi dengan memasukkan Title Blog, Deskripsi Blog dan Halaman Artikel, Kata Kunci Blog dan Halaman Artikel serta fungsi-fungsi lainnya untuk keperluan seo sehingga blog akan lebih bagus dalam bersaing di search engine.

5. Comment Reply Notification

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline