Lihat ke Halaman Asli

Bocah 18 Tahun Sukses Mengobok-obok Real Madrid di El Clasico

Diperbarui: 30 Januari 2023   15:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

pada laga final Supercopa Spanyol 2023 sekaligus laga paling bergengsi El clasico yang mempertemukan antara Barcelona kontra Real madrid ditutup dengan skor akhir 3-1 berkat Goal Gavi, Lewandowski, dan Pedri. Dengan kemenangan telak ini Barcelona resmi berbuka puasa dan menjuarai Piala Super Spanyol 2023 . Dengan kemenangan di Stadion Internasional King Fahd, Riyadh pada Senin (16/2/2023), sekaligus menjadi trofi pertama di era kepemimpinan pelatih anyar Xavi Hernandez.

Berkat hasil memuaskan malam itu Barcelona dinobatkan sebagai juara terbanyak Piala Super Spanyol sepanjang sejarah dengan 14 gelar. Ini juga merupakan gelar Supercopa perdana Blaugrana setelah ditinggal Lionel Messi  pada 2021. Hari-hari yang sulit dihadapi Barcelona usai Massi tak lagi membela Blaugrana,karena sejatinya Barcelona memiliki formasi yang sistematis ketika ada Messi di dalamnya.

Selama babak pertama bergulir tim asuhan Xavi Hernandez mendominasi permainan dengan menggunakan formasi 4-4-2 yang biasanya kita melihat Barcelona selalunya menggunakan formasi 4-3-3. Dengan Lewandowski diduetkan bersama Dembele yang bergerak disini kanan, lalu Gavi mengisi sayap kiri. Frenkie de Jong dan kapten Sergio Busquets dimainkan sekaligus ditemani Pedri.  Formasi ini tentunya sangat efektif bila dipadukan dengan filosofi Barcelona yakni Tiki-Taka.

Umpan pendek menjadi alasan Barcelona memiliki statistik penguasaan bola 56 persen. Benteng pertahanan yang kokoh Barcelona juga menjadi alasan mengapa Real madrid tak mampu melezatkan tembakan berbahaya bagi penjaga gawang Ter Stegen. Ini semua tak lepas dari peran penting lini belakang yakni, Ronald Araujo, Andreas Christensen, Jules Jounde, dan Alex Balde.

Menjelang menit akhir laga, Xavi menurunkan 4 pemain secara berkala. Tak disangka pemain nomor 9 Real Madrid Karim Benzema sukses melewatkan tembakan terarah yang membuahkan hasil goal pertama bagi Los Blancos, namun itu tak merubah kenyataan bahwa hasil akhir 3-1 untuk kemenangan Blaugrana, dan Xavi resmi merasakan trofi pertamanya sebagai manager baru klub Barcelona.

Pencetak goal : Gavi 33', Lewandowski 45', Pedri 69'/ Karim Benzema 90+30'




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline