Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Keterampilan Menulis Skrip Drama dalam Bahasa Inggris pada siswa MAN 2 Kota Malang

Diperbarui: 22 Mei 2024   20:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Keterampilan menulis adalah salah satu aspek penting dalam pembelajaran bahasa, terutama dalam konteks penulisan skrip drama. Namun, seringkali siswa mengalami kesulitan dalam menulis skrip drama yang efektif dan menarik dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis skrip drama dalam bahasa Inggris di antara siswa kelas XI di MAN 2 Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan desain siklus ganda. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di MAN 2 Kota Malang. Modul pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari beberapa tahap, termasuk pemahaman konsep dasar menulis skrip drama, pembuatan ide, penulisan skrip, peninjauan oleh rekan, revisi, dan tahap finalisasi. Setiap tahap dilengkapi dengan contoh konkret dan latihan praktis.

Pada siklus pertama, pre-test dilakukan untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam menulis skrip drama dalam bahasa Inggris. Kemudian, modul pembelajaran diperkenalkan kepada siswa untuk dipelajari dan diamalkan. Proses pembelajaran dilakukan secara kolaboratif antara guru dan siswa, dengan memberikan umpan balik yang konstruktif. Siklus kedua dilakukan setelah siswa menyelesaikan aktivitas pembelajaran dengan modul. Post-test dilakukan untuk mengevaluasi peningkatan keterampilan menulis skrip drama siswa.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis skrip drama dalam bahasa Inggris di antara siswa kelas XI MAN 2 Kota Malang setelah mengikuti pembelajaran dengan modul. Skor post-test rata-rata siswa menunjukkan peningkatan sebesar 35% dibandingkan dengan skor pre-test.

Pemanfaatan modul pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis skrip drama dalam bahasa Inggris diantara siswa kelas XI MAN 2 Kota Malang. Pendekatan pembelajaran yang kolaboratif antara guru dan siswa, serta penyediaan contoh konkret dan latihan praktis dalam modul pembelajaran, membantu siswa memahami konsep dan proses penulisan skrip drama yang menarik. Sebagai rekomendasi, modul pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran menulis skrip drama di MAN 2 Kota Malang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline