Lokasi : SD Negeri 6 Batuagung
Lingkup Pendidikan: Sekolah Dasar
Penulis : I Gusti Agung Ayu Andri Suyeni, S.Pd
Tanggal : 6 Desember 2022
Tujuan yang ingin dicapai:
1). Meningkatkan keaktifan siswa kelas IV dalam pembelajaran.
2). Menemukan solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
- Kondisi Yang Menjadi Latar Belakang Masalah.
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di kelas IV SD Negeri 6 Batuagung ditemukan permasalahan rendahnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Berdasarkan latar belakang diatas dapat diidentifikasi bahwa masalah yang terjadi adalah :
Guru kurang optimalnya dalam memanfaatkan media pembelajaran inovatif.
Kurangnya inovasi guru dalam kegiatan pembelajaran.
Guru belum melibatkan siswa dalam proses pembelajaran.
- Kecenderungan guru dominan menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi pelajaran sehingga keaktifan siswa di dalam kelas menjadi rendah.
- Kurangnya penerapan model pembelajaran yang bervariasi dan kontekstual sehingga siswa merasa bosan dan cenderung enggan untuk belajar sehingga hasil belajarnya menjadi rendah.
Seperti itulah masalah yang dihadapi di dalam kelas, kurangnya inovasi guru dalam kegiatan pembelajaran dan kurang optimalnya guru dalam memanfaatkan media pembelajaran inovatif adalah faktor penyebab utama rendahnya keaktifan siswa kelas IV SD Negeri 6 Batuagung dalam mengikuti pembelajaran. Kondisi semacam ini akan terus terjadi selama tidak ada inovasi pada kegiatan pembelajaran.
- Mengapa Praktik Ini Penting Untuk Dibagikan.