Lihat ke Halaman Asli

Hidup Sehat Selama Pandemi Covid-19

Diperbarui: 27 Juni 2021   21:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hingga sampai saat ini Indonesia masih berjuang untuk melawan virus Covid-19. Setiap harinya kasus angka positif Covid-19 bertambah. Selain menganjurkan cuci tangan secara berkala dengan air dan sabun serta penerapan pola hidup bersih dan sehat, masyarakat juga diminta untuk melakukan pembatasan jarak, serta tidak melakukan aktivitas di luar ruang jika tidak benar-benar mendesak.

Selama tinggal dirumah bukan berarti abai terhadap kesehatan. Menjaga kondisi tubuh dan menerapkan langkah pencegahan agar sistem imun terus terjaga tetap harus dilakukan. Salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh adalah menerapkan pola hidup sehat.

Menurut Kotler, pola hidup sehat adalah gambaran dari aktivitas atau kegiatan kita yang didukung oleh keinginan dan minat kita dan bagaimana pikiran kita menjalaninya dalam berinteraksi dengan lingkungan kita.

Atur menu makanan keluarga anda agar tetap memenuhi unsur-unsur zat gizi yang lengkap dalam jumlah yang sesuai, tidak lebih dan tidak kurang. Dapat menerapkan konsep "Piring Makanku" yang memenuhi kaidah gizi seimbang sebagai berikut: -

Setengah porsi piring makan berupa sayur dan buah beraneka jenis dan warna.

Seperempat porsi piring makan diisi protein, baik hewani (telur/ayam/ikan/daging) maupun nabati (kacang-kacangan).

Seperempat porsi piring makan diisi karbohidrat kompleks (beras/biji-bijian).

Lengkapi dengan minyak sehat (zaitun/kedelai/jagung/kanola). Hindari minyak yang mengandung lemak jenuh atau kolesterol tinggi.

Konsumsi cukup air putih. Batasi konsumsi susu hingga 2 gelas per hari, jus sekitar satu gelas per hari, dan hindari minuman dengan kandungan gula tinggi.

Jika diperlukan, kamu juga perlu konsumsi suplemen seperti vitamin yang bisa dengan mudah kamu dapatkan di apotek. 

Dengan pola hidup sehat akan menciptakan harapan hidup lebih lama. Manfaat lain yang kita dapatkan yaitu meningkatkan imun tubuh. Imun tubuh dapat mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh kita, termasuk virus Covid-19.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline