Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Adian Farray Diaz

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

"Fun With English" Program Unggulan Selama Magang di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Purwakarta

Diperbarui: 7 September 2024   21:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bersama Para Petugas Disipusda Purwakarta (dokpri)

Program Fun With English (dokpri)

Purwakarta, 7 September 2024 -- Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusda) Kabupaten Purwakarta telah sukses menyelenggarakan program magang selama satu bulan, dari 22 Juli hingga 23 Agustus 2024. Program ini diikuti oleh lima mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dan lima siswa SMKN 1 Purwakarta. Para peserta magang dilibatkan dalam berbagai tugas dan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

Dalam program magang ini, peserta diberikan berbagai tanggung jawab, antara lain input data buku, memilah buku-buku yang rusak, serta terlibat aktif dalam perpustakaan keliling yang mengunjungi sekolah-sekolah dan komunitas di sekitar Purwakarta. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan dengan bimbingan langsung dari pegawai Dispusda, termasuk Bu Rita, Kang Kuple, serta staf lainnya yang berpengalaman.

Salah satu kegiatan unggulan dalam program magang ini adalah "Fun with English", sebuah program belajar bahasa Inggris yang ditujukan bagi siswa sekolah dasar. Selama tiga minggu, para peserta magang mengajar anak-anak SD di Auditorium Perpustakaan Purwakarta. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan dasar-dasar bahasa Inggris secara interaktif dan menyenangkan, guna menumbuhkan minat belajar bahasa asing sejak dini.

Pembina Dispusda Purwakarta, Ibu Rita, menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan semangat para peserta magang. "Program ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan siswa SMK untuk belajar dan bekerja secara langsung, tetapi juga meningkatkan layanan perpustakaan kami kepada masyarakat. Kami sangat bangga melihat antusiasme mereka dalam membantu operasional dan memberikan edukasi kepada anak-anak melalui program Fun with English," ujarnya.

Program magang ini menjadi bagian dari upaya Dispusda Purwakarta untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sekaligus mendukung perkembangan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing. 

Dengan berakhirnya program ini, diharapkan para peserta magang mendapatkan pengalaman berharga yang akan berguna di masa depan serta mampu mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang telah mereka pelajari.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Purwakarta  

---  

*Dispusda Purwakarta*

Melayani dengan ilmu, menjaga dengan arsip.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline