Lihat ke Halaman Asli

FEB UHAMKA Melakukan Penyuluhan bersama Siswa-Siswi dengan Tema Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan bagi Siswa SMA Negeri 98 Jakarta Timur

Diperbarui: 12 Februari 2023   11:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Remaja masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa di mana seseorang mulai belajar banyak hal untuk mempersiapkan diri menjadi dewasa. Salah satu ketrampilan yang harus mulai dipelajari remaja adalah bagaimana mengatur keuangan. Mengapa remaja perlu belajar mengatur uang?.

Biasanya remaja pada jaman sekarang banyak menghabiskan uang hanya untuk bersenang-senang. Kadang mereka menghabiskan uang untuk mengikuti tren, model dan gengsi, bahkan membeli skincare dengan uang dari orang tuanya. Maka dari itu para remaja harus bisa belajar mengatur uang agar kelak terbiasa menabung, pandai mengatur keuangan ketika kelak berumah tangga, memiliki perencanaan masa depan yang lebih baik, melindungi diri dari kejadian darurat/tidak terduga, orang tua pun harus membantu anak mereka dalam mengatur keuangannya agar remaja bisa hidup lebih hemat dan mandiri.

Hal yang paling penting di masa seperti ini ialah menjaga kestabilan pengeluaran keuangan, jangan boros dan jangan membeli hal -- hal yang tidak penting. Sebaiknya uang lebih yang kita miliki simpan dan tabung menjadi dana darurat atau bisa kita investasikan menjadi sesuatu yang menguntungkan. Jika semua hal tersebut disiplin kita terapkan dalam pengelolaan keuangan keluarga maka kita akan siap menghadapi tantangan ekonomi di masa pandemi ini dengan baik

Oleh karena itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka bekerja sama dengan BSI dan LPM UHAMKA untuk melakukan penyuluhan secara langsung di sekolah SMA Negeri 98 Jakarta dengan tema "PERENCANAAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN BAGI SISWA SMA NEGERI 98 JAKARTA TIMUR".  Pada hari Selasa 7 Februari 2023.

Adanya kegiatan ini dilakukan telah mendapatkan banyak dukungan dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah serta guru -- guru yang ada di sekolah bersangkutan yang telah dipilih oleh FEB UHAMKA sebagai tempat penyuluhan. 

Dalam sambutannya Kepala Sekolah Kastolani M.Pd mengungkapkan bahwa "Dengan adanya Penyuluhan mengenai perencanaan dan pengelolaan keuangan yang bekerja sama antara FEB UHAMKA dan SMA N 98 Jakarta sangat bermanfaat untuk membantu siswa- siswinya".

Ibu Mulyaning Wulan SE,M.Ak selaku narasumber mengungkapkan "Diperlukan pengelolaan dan perencanaan keuangan ini dapat memenuhi kebutuhan dalam jangka waktu yang sangat Panjang apalagi kalian masih remaja".

Acara ini turut dihadiri oleh dosen FEB UHAMKA yaitu ibu Ade Maya Saraswati, S.E., M.M serta guru -- guru SMA N 98 Jakarta, pihak promosi UHAMKA dan pihak BSI yang turut hadir untuk membantu berjalannya kelangsungan acara penyuluhan.

Kegiatan ini sangat mendapatkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti penyuluhan. Hal ini dilihat dari banyaknya siswa- siswi yang mengemukakan pendapat dan memberikan pertanyaan pada sesi tanya jawab pada penyuluhan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang dilaksanakan di SMA Negeri 98 Jakarta Timur.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline