Lihat ke Halaman Asli

Azzam Gifari

Mahasiswa

Kelompok 37 KKM UIN Malang Jalin Kolaborasi dengan UMKM Se-Kecamatan Pakis

Diperbarui: 27 Desember 2022   06:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

 Dalam kesempatan ini, program KKM menjadi salah satu cara mahasiswa untuk mengenal dan menganalisis kehidupan masyarakat secara langsung. Kelompok 37 KKM UIN Malang mengadakan kordinasi ke rumah ketua Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kecamatan Pakis yaitu Ibu Rosyidah.

"Banyak UMKM di desa Pakiskembar yang Kelompok 37 KKM UIN Malang Jalin Kerjasama dengan Ketua UMKM Se-Kecamatan Pakis. Dengan adanya program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) ini diharapkan dapat membangun pengalaman mahasiswa di lingkungan masyarakat. Salah satunya yaitu mahasiswa KKN Kelompok 37 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Jika melihat kondisi di lapangan, masih banyak Produk UMKM disini yang belum terakomodir dengan baik, hal ini dikarenakan kurangnya waktu dalam melakukan kegiatan produksi dan pengemasan secara baik dan benar, sehingga dalam melakukan kordinasi terdapat kendala dengan warga Pakiskembar. Sedangkan kebanyakan warga di desa Pakiskembar memiliki usaha produksi tahu dan tempe," ucap ibu rosyidah saat diwawancarai.

Dalam kesempatan ini juga, kelompok 37 menyampaikan program kerja yang berkaitan dengan aspek sosial dan ekonomi. salah satunya adalah berkolaborasi dengan UMKM di desa Pakiskembar serta se-Kecamatan Pakis. Banyak UMKM yang diproduksi oleh warga pakis, diantaranya produksi batik, produksi aneka makanan dan minuman, produksi tahu dan tempe.

Tujuan dari kolaborasi yang akan dilakukan antara kelompok 37 KKM UIN Malang dengan Pihak UMKM Se-Kecamatan Pakis dalam hal ini di wakili oleh Ketua yaitu Ibu Rosyidah adalah membantu pemasaran melalui online serta pembukuan penertiban data dan keuangan.

Tercatat sudah banyak UMKM yang telah bersertifikasi halal dan telah bekerjasama dengan kampus UIN Malang.

Ketua Kelompok 37 KKM UIN Malang Ahmad Rizki Abdillah berharap kunjungan dan kolaborasi ini menjadi awal yang baik untuk berbagi pengalaman serta wawasan yang diberikan. Selain itu, mereka juga berharap dapat membantu pihak UMKM untuk meningkatkan kreatifitas dan pemasaran.

"Kami berharap mampu berperan dalam pertumbuhan ekonomi, sehingga UMKM di desa Pakiskembar dan Kecamatan Pakis dapat memberikan dampak yang berarti. Adanya kunjungan mahasiswa KKM Kelompok 37 diharapkan bisa menambah wawasan dan cinta terhadap produk-produk lokal. Semoga dengan adanya kegiatan ini kedepanya masyarakat bisa lebih mencintai produk-produk lokal dan bisa bertahan di era yang modern ini. Pengalaman ini bisa menjadi sebuah temuan yang dapat menjadi diskusi bagaimana peran mahasiswa dalam mengembangkan potensi-potensi desa menjadi sebuah nilai ekonomis," tambahnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, pada hari Senin (26 Desember 2022) kami melakukan kunjungan ke galeri UMKM Manggala Bakti Praja yang berada di jalan raya Pakis No. 69, Krajan, Pakisjajar, Kec. Pakis. Pada galeri tersebut terdapat banyak macam produk UMKM dari berbagai UMKM Se-Kecamatan Pakis, mulai dari batik, madu hutan, kerajinan tangan, sampai makanan dan minuman.  

Penulis (Sahrul Zen, Mahasiswa Hukum Keluarga Islam, KKM Kelompok 37 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang).

Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline