Dalam era digital saat ini yang terus berkembang, mahasiswa menjadi peran penting dan juga memiliki potensi yang besar untuk bisa menghasilkan perubahan yang terus berkembang dan positif melalui inovasi dan teknologi.
Mahasiswa menjadi peran aktif dalam mendorong digitalisasi pada UMKM mahasiswa membantu perubahan UMKM untuk bisa beradaptasi pada tren bisnis digital. Mahasiswa banyak terlibat dalam merencanakan solusi teknologi bagi para pelaku UMKM. Dan juga para mahasiswa banyak memberikan pelatighan,riset dan analisis pasar dan juga bekerjasama dengan para pemilik UMKM.
Peran mahasiswa bukan hanya sekedar memberikan manfaat bagi UMKM itu sendiri tapi juga dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri untuk bisa meningkatkan pengalaman dan juga pengetahuan mereka. Banyak mahasiswa yang dapat mengembangkan platform E-Commerce untuk UMKM. Berbabgai fitur yang dirancang oleh para mahasiswa untuk bisa membantu perkembangan UMKM. Contohnya seperti toko online, system pembayaran digital dan juga alat-alat promosi. UMKM dapat memperluas jaringan pasar mereka dan juga meningkatkan penjualan mereka secara online
Contoh platfrom yang dikembangkan oleh para mahasiswa yaitu: shopee, bukalapak, Tokopedia, blibli dan lainnya. Kehadiran berbagai platform e-commerce ini membantu para UMKM dalam meningkatkan penjualan mereka dengan begitu drastis secara online, karena platform ini menjangkau masyarakat di seluruh Indonesia.
Alasan yang mendorong UMKM untuk lebih memilih platform e-commerce
- Dapat memperluas jangkauan pasar dan juga produk mereka tidak hanya bisa dijual secara local tetapi juga bisa secara internasional
- Mengurangi biaya operasional karena memanfaatkan platfrom e-commerce membutuhkan investasi yang lebih rendah dalam hal infrastructure
- Platform e-commerce jujga dapat mengecek stok dan juga menghindari kekurangan atau kelebihan stok. Hal ini dapat membantu meningkatkan dan mengoptimalkan pengelolaan inventaris
- Platform e-commerce juga membantu para UMKM dalam memahami performa toko mereka dalam hal penjualan dan perilaku para pelanggannya.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI