Lihat ke Halaman Asli

Banyak Gerai Toko Buku Tutup, Gramedia Tetap Berdiri Tegak, Apa Rahasianya?

Diperbarui: 9 Juli 2023   12:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Belum lama ini, santer pemberitaan mengenai toko buku yang mau tidak mau terpaksa menutup usahanya. Beberapa di antaranya yakni Toko Buku Gunung Agung yang harus menutup gerai-gerainya di pungkasan tahun 2023. 

Sebelumnya, toko buku milik Lippo Group, yakni Books and Beyond, juga harus menutup usahanya di bulan Mei 2023 yang menurut mereka semenjak tahun 2018 pasar bisnis buku di Indonesia mulai meredup akibat format buku elektronik atau e-books yang lebih diminati. 

Sehingga saat ini, mereka memilih menutup gerai offline-nya dan lebih berfokus pada pengoperasian secara daring. Tidak hanya itu saja, toko buku Togamas dan Kinokuniya juga menutup beberapa gerai offline-nya dan menggantungkan pada sisa gerai cabangnya yang masih beroperasi. 

Berbicara mengenai toko buku yang di Indonesia, hambar rasanya apabila tidak menyebut Toko Buku Gramedia Asri Media atau yang akrab kita dengan sebagai Toko Buku Gramedia, yang merupakan anak perusahaan dari Kompas Gramedia. 

Perusahaan yang didirikan sejak tahun 1970 ini, telah melebarkan sayapnya dari yang mulanya hanya berpetak sebesar 25m2 dan mampu berkembang hingga lebih dari 100 gerai yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. 

Toko Buku Gramedia masih mampu berdiri dengan kokoh, di saat beberapa toko buku lainnya secara perlahan mulai menutup usahanya. Lantas, apa kunci kesuksesan Gramedia dalam melawan era digital yang mulai membinasakan gerai toko buku offline? 

  1. Penerapan Strategi pada Gerai Toko Buku Gramedia 

Merchandise Plans 

Poin yang menjadi pembeda Toko Buku Gramedia dengan toko buku lainnya yakni mengenai keragaman produk yang ditawarkan dan tersedia di Gramedia, tidak melulu hanya buku saja, berbagai macam alat tulis, mainan anak dan hobi, olahraga, dan lainnya, juga ditawarkan dalam satu gerai yang lengkap. Pencarian produk pun juga mudah, mengingat penyusunan produk yang sistematis dan juga terpisah dalam section berbeda, semakin memudahkan para konsumen dalam mencari produk yang diinginkan sesuai dengan letaknya. Belum lagi dengan meletakkan buku, terkhususnya buku Best Seller yang tersusun di area muka toko, sehingga para pembeli dengan mudah dapat mengetahui dan tertarik. 

Pricing 

Seperti yang kita ketahui, di beberapa momen waktu, Toko Buku Gramedia kerap memberikan penawaran pada event tertentu. Seperti 'Back to School,' 'Bumbastis' pada tanggal kembar, penawaran pada era new normal dengan sebutan 'Jumpa Gramedia,' perayaan 'Hari Buku Nasional,' 'Gampar: Gajian Menggemparkan,' maupun penawaran lainnya pada waktu-waktu tertentu. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline