Dunia pendidikan adalah dunia yang penuh dengan keindahan, tempat kita dapat menemukan pengetahuan yang luas dan mendalam. Sebagai seorang pendidik, saya merasakan keistimewaan ini ketika mendapatkan kesempatan untuk menjadi asisten pengajar di SMKN 2 Malang.
Pengalaman ini bukan hanya memberikan saya pelajaran berharga tentang mengajar, tetapi juga membuka mata saya terhadap ragam karakter siswa serta metode pembelajaran yang efektif untuk mereka. Salah satu pengalaman terbaik selama mengajar di SMKN 2 Malang adalah menyaksikan kreativitas siswa yang luar biasa, khususnya di jurusan Tata Boga..
Mengawali Perjalanan Mengajar di SMKN 2 Malang
Perjalanan saya di SMKN 2 Malang dimulai ketika saya ditugaskan untuk mengajar siswa kelas 12. Pada saat itu, perasaan saya campur aduk antara antusias dan gugup. Saya tahu bahwa mengajar siswa tingkat akhir memiliki tantangan tersendiri, terutama karena mereka berada di ambang kelulusan dan harus mempersiapkan diri untuk dunia kerja atau pendidikan lebih lanjut.
Langkah awal saya dalam proses mengajar adalah memperkenalkan diri dan langsung masuk ke materi yang menjadi fokus pembelajaran, yaitu Kudapan Indonesia, Menu Makanan Indonesia, dan Continental Food. Materi-materi ini tidak hanya menambah wawasan siswa tentang dunia boga, tetapi juga memberi mereka peluang untuk mengeksplorasi potensi dalam menciptakan hidangan kreatif yang sesuai dengan standar industri kuliner.
Kesan Mengajar Siswa Kelas 12
Mengajar siswa kelas 12 di SMKN 2 Malang memberikan kesan yang sangat mendalam bagi saya. Saya merasa sangat senang melihat antusiasme mereka dalam belajar. Setiap kali saya menjelaskan materi, mereka selalu aktif bertanya dan menunjukkan minat yang besar terhadap topik yang saya bawakan. Lebih dari itu, siswa-siswa ini sering kali berbagi pengalaman mereka di dapur, baik saat di rumah maupun selama praktik di sekolah.
Kreativitas mereka benar-benar luar biasa. Ketika praktik memasak berlangsung, saya kagum melihat bagaimana mereka mengaplikasikan teori yang saya ajarkan ke dalam hidangan yang menarik.
Misalnya, dalam membuat dessert Indonesia, mereka tidak hanya mengikuti resep, tetapi juga mencoba menambahkan sentuhan personal untuk membuatnya terlihat lebih menarik. Sering kali, mereka bereksperimen dengan bahan-bahan yang berbeda untuk menciptakan rasa atau presentasi baru. Hal ini menunjukkan bahwa mereka tidak hanya belajar untuk memasak, tetapi juga belajar untuk berpikir kritis dan inovatif.
Mengenal Karakter Siswa yang Beragam
Salah satu hal yang membuat pengalaman mengajar di SMKN 2 Malang begitu berarti adalah kesempatan untuk berinteraksi dengan siswa yang memiliki karakter yang sangat beragam. Saya menyadari bahwa setiap siswa adalah individu unik dengan kepribadian, minat, dan cara belajar yang berbeda-beda. Ada siswa yang sangat aktif dan vokal, sementara ada juga yang pendiam tetapi memiliki kemampuan luar biasa saat praktik.