Lihat ke Halaman Asli

Internet untuk Mereka

Diperbarui: 17 Juni 2015   16:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

internet, sebuah nama yang sudah mendunia. awalnya ia menjadi hal yang sangat istimewa dan termasuk kepada kebutuhan tersier yang tidak semua orang bisa memilikinya dan harga untuk mendapatkannya sangatlah mahal. namun sekarang ia menjadi sebuah kebutuhan primer yang tanpanya, maka kita hidup tertinggal jauh dari yang lain. dengan internet, maka kau akan bisa menggenggam dunia. kau bisa mendapat informasi tentang seluruh alam semesta ini dan kau juga bisa berbagi informasi kepada penghuni alam semesta ini. Tanpa internet, jangan harap kau bisa hidup menimati kemajuan dunia. sebaliknya, dengan internet, maka kau bersama duniamu seolah berada pada peradaban maju.
Berbicara tentang internet, maka berbicara tentang paket atau kuota. Kau daat menggunakann internet jika kau mempunya aket internet. Untuk orang – orang seperti saya yang anak desa, harga paket internet terbilang cukup mahal. Padahal urgensi dari internet itu sendiri sangatlah penting. Begitu juga dengan saya pribadi seorang pembelajar yang sangat membutuhkan internet untuk kelangsungan kuliah dan aktifitas – aktifitas lainnya.
Jika saya mendapatkan paket internet unlimited selama setahun penuh, maka saya akan melakukan banyak hal untuk keluarga saya dan orang – orang sekitar saya ternasuk untuk membanu proyek sosial dilingkungan rumah saya.
Teruntuk keluarga saya, ibu. Beliau sekarang bekerja sebagai penjaga kios pakaian milik saudara. Biasanya pakaian yang dijual di kios ibu saya dibeli dipasar sandang dengan model yang standar. Jika saya mempunyai paket internet gratis setahun penuh, maka saya akan membantu ibu saya untuk berbelanja ditoko online dengan banyak model yang terbaru dan menarik. Berbelanja online memudahkan ibu saya dalam membeli pakaian untuk dijual kembali dan tidak memakan waktu yang lama. Ibu saya daat berbelanja dan berjualan dalam satu waktu. Atau bisa juga ibu saya menjual melalui media online.
Teruntuk adik saya yang sekarang duduk dibangku SMA. Selama ini, ketika ada tugas ia selalu lari ke warnet untuk mengerjakannya. juga informasi tentang pendidikan atau event – event yang bisa mengembangkan dirinya, tidak bisa ia dapatkan. Jika Jika saya mempunyai paket internet gratis setahun penuh, maka saya akan membantu adik saya secara maksimal untuk mengerjakan tugas dan mendapatkan informasi tentang pendidikan atau event – event yang bisa mengembangkan dirinya. 24 jam nonstop saya akan ersilahkan dia menjelajah dunia dan akan saya bantu untuk mengembangkan dirinya.
Yang terakhir adalah untuk lingkungan sosial saya. Saya mempunya proyek sosial untuk anak – anak di daerah saya yang belum saya lakukan. proyek saya adalah memfasilitasi mereka untuk bermain dan belajar. latar belakang dari proyek ini adalah karena mereka kecanduan dengan game online. Setelah pulang sekolah hingga larut malam, mereka menghabiskannya di warnet hanya untuk main game online. Mereka melupakan waktu belajar, waktu bersama keluarga, dan ada juga yang lupa dengn waktu tidur. Tidak sedikit dari mereka yang rela bagadang di warnet untuk bermain game online. Proyek saya adalah memberikan fasilitas bermain dan belajar yaitu berupa pondok atau tempat dengan fasilitas – fasilitas yang mendukung. konsep yang saya rancang adalah setelah pulang sekolah, mereka berkumpul di pondok untuk bermain. Permainan yang disediakan adalah game online dan permainan – permainan tradisional yang mendidik serta hiburan seperti menonton film yang mendidik dll. setelah mereka bermain, maka mereka akan saya paksa untuk belajar sekedar mengulang pelajaran disekolah atau mengerjakan tugas, setelah itu akan ada permainan closing. Jika sudah selesae, maka mereka pulang kerumahnya masing – masing untuk berkumpul dengan keluarga atau melakukan aktifitas lainnya.
Lantas, apa hubungannya dengan paket internet unlimited selama satu tahun? Paket internet itu akan saya gunakan untuk melakukan permainan – permainan berupa game online atau permainan lainnya. juga untuk mengajak mereka menjelajahi dunia yang belum mereka jelajahi. Dan untuk menonton film atau video pendidikan. Proyek – proyek itu membutuhkan internet dengan paket yang besar. maka ketika saya mendapatkan paket internet unlimited gratis selama satu tahun penuh, maka saya akan gunakan untuk menjalankan proyek sosial saya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline