Lihat ke Halaman Asli

Memahami Lembaga Pendidikan Islam (Madrasah & Pesantren)

Diperbarui: 8 Desember 2023   11:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Madrasah dan pesantren adalah dua bentuk lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Keduanya memiliki tujuan untuk mengajarkan ilmu agama dan umum kepada para siswa atau santri. 

- Madrasah 

Madrasah adalah tempat untuk berlangsungnya proses belajar-mengajar secara formal yang mempunyai kelas dan kurikulum dalam bentuk klasikal. Madrasah dapat dikatakan sama seperti sekolah lainnya, namun bedanya madrasah menyediakan pembelajaran dalam pengetahuan keislaman seperti akidah, akhlak, fiqih, Qur'an, hadits, bahasa Arab, dan lain sebagainya. 

- Pesantren 

Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia yang pada awalnya didirikan oleh kaum muslim yang ingin menyebarluaskan ajaran agama Islam kepada masyarakat Islam. Pesantren lebih menekankan pada aspek keagamaan seperti aqidah, akhlak, dan syariah melalui pengajaran kitab kuning. Pesantren juga memiliki karakteristik khusus seperti kyai, santri, pondok, kitab kuning, dan masjid. Meskipun keduanya memiliki perbedaan dalam sejarah, struktur, dan pendekatan pendidikan, madrasah dan pesantren sama-sama penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dalam aqidah keislaman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline